Main Article Content

Abstract

Luas eksisting terminal penumpang Bandar Bandar Udara Internasional Juwata Tarakan merupakan Badan Layanan Umum Unit Penyelenggara Bandar Udara Kelas 1 Utama. Bandara yang terletak di Kota Tarakan, Provinsi Kalimantan Utara. memiliki runway berdimensi 2250 x 45 meter serta terbuat dari perkerasan flexible. Pada setiap Bandar Udara, jaminan keselamatan penerbangan sangat dibutuhkan salah satunya dengan ketersediaan fasilitas-fasilitas yang memadai dan dalam kondisi yang baik saat operasional. Dikarenakan fasilitas- fasilitas tersebut mencangkup fasilitas sisi udara maka perlu dilakukan metode dan prosedur pemeliharaan fasilitas sisi udara agar kinerja fasilitas tidak berkurang.


Metode yang digunakan adalah metode studi literatur, observasi. dengan data-data yang diperoleh dari BLU Unit Penyelenggara Bandar Udara Juwata Tarakan, Kalimantan Utara. Dalam penelitian ini dilakukan dengan mengkaji ulang standard operasional prosedur dan membuat standar operasi prosedur pada pekerjaan yang ada di fasilitas sisi udara dan pekerjaan tambahan seperti uji sandpatch, wildlife hazard dan global reporting format .


Telah dilakukan review metode dan prosedur pemeliharaan fasilitas sisi udara, pembuatan metode dan prosedur pada pekerjaan tambahan seperti uji kekesatan, wildlife hazard, global reporting format. Metode dan prosedur yang dilakukan untuk pemeliharaan fasilitas sisi udara ini mengacu pada KP 94 Tahun 2015 dan KP 326 Tahun 2019.

Keywords

Pemeliharaan Fasilitas Sisi Udara Metode dan Prosedur

Article Details

How to Cite
Fajri Yanuar Aditya, Ranatika Purwayudhaningsari, & Fahrur Rozi. (2023). TINJAUAN METODE DAN PROSEDUR MAINTENANCE FASILITAS SISI UDARA BANDAR UDARA JUWATA TARAKAN. Prosiding SNITP (Seminar Nasional Inovasi Teknologi Penerbangan), 6(1). https://doi.org/10.46491/snitp.v6i1.1457