Main Article Content

Abstract

Program Studi Lalu Lintas Udara merupakan program pendahuluan yang diharapkan mampu merancang SDM yang mumpuni di bidang administrasi dan pos lalu lintas udara. Untuk mengatur batas atau kapasitas rekrutmen D3 Lalu Lintas Udara, terdapat mata kuliah Prosedur Pengendalian Aerodrome. Kemampuan peserta didik untuk belajar dalam memahami materi teknik pengendalian Aerodrome dipengaruhi oleh inspirasi belajar. Dalam aeronautika, ada banyak perspektif untuk membantu tingkat keamanan, salah satunya adalah bahasa. Alasan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh perolehan inspirasi terhadap kemampuan bahasa Inggris pada materi Aerodrome Control Procedure. Strategi eksplorasi yang digunakan adalah kuantitatif. Informasi penelitian dikumpulkan melalui survei. Tes instrumental menggunakan uji legitimasi hubungan Spearman Rank, uji ketergantungan dan uji relaps langsung, dan ditangani dengan pemrograman SPSS seri 26. Obyek eksplorasi adalah peserta pelatihan lalu lintas penerbangan XII An dan B. Hasil penelitian koefisien kepastian (KD), cenderung beralasan bahwa Prosedur Pengendalian materi Aerodrome (variabel Y), komitmen atau komitmen inspirasi pembelajaran (variabel X) dengan dampak kemampuan bahasa Inggris adalah 24%, sedangkan kelebihan 76% dipengaruhi oleh dampak dari berbagai faktor yang tidak diperiksa atau dieksplorasi dalam tinjauan ini.

Keywords

motivasi belajar aerodrome control procedure bahasa inggris

Article Details

How to Cite
Gogor Aryo Putro Widhicdho, Meita Maharani Sukma, & Kukuh Imam Adinegara. (2023). DAMPAK MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN BERBAHASA INGGRIS TARUNA D3 LALU LINTAS UDARA PADA MATERI AERODROME CONTROL PROCEDURE DI POLITEKNIK PENERBANGAN SURABAYA. Prosiding SNITP (Seminar Nasional Inovasi Teknologi Penerbangan), 6(1). https://doi.org/10.46491/snitp.v6i1.1430