Main Article Content

Abstract

Robot merupakan salah satu alat yang dapat meringankan dan membantu pekerjaan manusia. Robot tidak hanya meringankan pekerjaan, tetapi juga mempercepat waktu pekerjaan tersebut. Maka dari itu penulis ingin mengaplikasikan robot tersebut di lingkungan Politeknik Penerbangan Surabaya.


      Kondisi saat ini, ketika akan melakukan maintenance pesawat maupun praktik pembelajaran di hangar Politeknik Penerbangan Surabaya, Para taruna harus mendorong pesawat secara manual sehingga membutuhkan banyak orang. Robot ini dirancang untuk memudahkan para taruna saat ingin mengeluarkan pesawat jika akan dilakukan maintenance maupun praktik pembelajaran di luar hangar. Solusi untuk permasalahan ini adalah dengan merancang dan membuat Aircraft Towing. Salah satu nya yaitu menggunakan robot.


      Setelah melakukan pengujian pada robot ini, robot berhasil menarik miniatur pesawat Cessna 172 dengan cara mengirimkan data ke aplikasi melalui modul wifi sebagai kontrol jarak jauh dengan hasil pengujian gerak robot rata-rata diperlukan waktu 0,15 detik dan rata-rata waktu yang diperlukan untuk memindahkan miniatur pesawat adalah 53,5 detik. Penelitian ini nantinya dapat dikembangkan sebagai solusi akan memindahkan pesawat ataupun barang agar tidak perlu lagi mendorong secara manual karena dapat dikendalikan dengan jarak jauh dengan sistem Internet of Thing (IoT) yang terhubung dengan ESP 8266.

Keywords

Robot Aircraft towing ESP 8266 Blynk Pesawat Cessna 172

Article Details

How to Cite
Wahyu Bimantara Hadi Saputra, Rifdian Indrianto Sudjoko, & Bagja Gumilar. (2023). PROTOTYPE RANCANGAN AIRCRAFT TOWING ROBOT PESAWAT CESSNA 172 DI HANGAR POLITEKNIK PENERBANGAN SURABAYA. Prosiding SNITP (Seminar Nasional Inovasi Teknologi Penerbangan), 6(1). https://doi.org/10.46491/snitp.v6i1.1415