Main Article Content

Abstract

Pandemi Covid-19 berdampak besar pada banyak bidang, termasuk pendidikan. Dunia pendidikan juga terkena imbasnya. Pendidik perlu memastikan bahwa kegiatan belajar mengajar dapat tetap berjalan meskipun siswa berada di rumah. Solusi: Pendidik harus menggunakan media online untuk berinovasi media pembelajaran.Menggunakan media pembelajaran di masa pandemi menjadi salah satu kendala dan kesulitan bagi orang tua, guru, dan siswa. , berjalan di komputer pribadi (PC) atau laptop yang terhubung ke jaringan internet koneksi. Pendidik dapat belajar bersama sekaligus menggunakan grup di media sosial seperti WhatsApp (WA), Google Classroom, Instagram dan aplikasi Zoom sebagai media pembelajaran. Dengan cara ini, pendidik dapat memastikan bahwa siswa mengikuti pembelajaran mereka pada waktu yang sama.


Fasilitas Navigasi dan Alat Bantu Pendaratan adalah mata kuliah yang mempelajari mengenai peralatan alat bantu pendaratan visual maupun non visual yang digunakan untuk membantu penerbang dalam melakukan prosedur pendekatan dan pendaratan pesawat di suatu bandara, dimana pada prosedur pendekatan menggunakan peralatan yang bernama DVOR (Doppler VHF Omnidirectional Range) yang termasuk dalam salah satu fasilitas navigasi. Dengan demikian materi DVOR dapat dipahami dengan baik oleh taruna/i, maka diperlukan sebuah media pembelajaran yang menarik dan dapat memudahkan taruna/i dalam proses pemahaman mengenai fungsi dan prinsip kerja dari peralatan DVOR.

Keywords

Doppler VHF Omnidirectional Range (DVOR) Simulasi Navigasi Android, Media Pembelajaran Metode Waterfall Covid 19

Article Details

How to Cite
Mhd Tomy Siregar, Moch. Rifa’i, & Teguh Imam Suharto. (2023). RANCANGAN SIMULASI MEDIA PEMBELAJARAN DOPPLER VHF OMNI DIRECTIONAL RANGE BERBASIS APLIKASI ANDROID. Prosiding SNITP (Seminar Nasional Inovasi Teknologi Penerbangan), 6(1). https://doi.org/10.46491/snitp.v6i1.1413