Main Article Content

Abstract

Uninterruptible Power Supply (UPS) adalah sebuah perangkat elektronik yang mampu menyediakan cadangan listrik sementara, menggunakan baterai back up sebagai catu daya alternatif ketika terjadi gangguan pada catu daya utama. Uninterruptible Power Supply (UPS) dapat memberikan back up daya ke beban secara langsung tanpa adanya jeda waktu peralihan sehingga perangkat yang di back up oleh sistem Uninterruptible Power Supply (UPS) tidak mengalami pemadaman singkat.


Efek  pengguna sering kali acuh akan kondisi pada baterai, kapasitas baterai dan durasi maksimum Uninterruptible Power Supply (UPS) dapat memberikan back up daya ke beban, hal ini berakibat menurunnya suatu performa Uninterruptible Power Supply (UPS). Penelitian ini ditujukan  untuk menunjang masa pakai atau life time dari Uninterruptible Power Supply (UPS).


Pada percobaan ini telah dilakukan suatu pengujian terhadap komponen yang digunakan untuk mengetahui apakah komponen yang digunakan dapat beroperasi secara maksimal. Seperti komponen buck converter yang digunakan untuk step down daya dari 12 VDC ke 5 VDC untuk dapat mengaktifkan  Arduino Mega 2560 Pro Mini. Untuk sensor suhu DS18B20 dapat membaca suhu 28 ˚C, 42,75 ˚C, pembacaan sensor tegangan 12,43 VDC, 12,35 VDC, serta pada pembacaan sensor arus ACS712 dapat diketahui 1,22 A, 1,74 A. Untuk komponen relay dan buzzer sebagai rangkaian sistem kontrol dan indikator dapat beroperasi dengan normal. Kelebihan dari rancangan alat yang telah dibuat ini adalah untuk  melakukan monitoring arus (I), tegangan (V), suhu (T), dan durasi waktu (D), serta memiliki sistem kontrol yang dapat memutus suplai daya ke beban secara otomatis ketika terjadi kegagalan.

Keywords

Uninterruptible Power Supply (UPS) mikrokontroler Arduino Mega 2560 Liquid Crystal Display (LCD) Arduino Integrated Development Environment (IDE) Matrix Laboratory (MATLAB) logika fuzzy Sugeno

Article Details

How to Cite
Naufal Fakhruddin, Suhanto, & Didi Hariyanto. (2023). RANCANG BANGUN ESTIMASI WAKTU PENGGUNAAN BATERAI UNINTERRUPTIBLE POWER SUPPLY (UPS) BERDASARKAN KAPASITAS BEBAN DENGAN MENGGUNAKAN ARDUINO MEGA 2560 PRO MINI DAN LOGIKA FUZZY SUGENO. Prosiding SNITP (Seminar Nasional Inovasi Teknologi Penerbangan), 6(1). https://doi.org/10.46491/snitp.v6i1.1390