Main Article Content

Abstract

Usaha dalam melestarikan lingkungan pembangkit listrik dengan sumber energi terbarukan menjadi solusi. selain kestersediaanya tidak terbatas, pembangkit listrik energi terbarukan juga ramah lingkungan karena tidak menimbulkan polusi yang menimbulkan masalah baru. Salah satu pembangkit listrik energi terbarukan adalah Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) berskala kecil yang menggunakan aliran air sebagai penggerak turbin. Hal ini sangat ramah lingkungan karena hanya memanfaatkan aliran air untuk menggerakkan turbin dan tidak ada polusi yang tercipta dari proses tersebut.


Dalam menjamin turbin berkerja dengan baik dibutuhkan pengawasan berkala atau monitoring pada daya yang dikeluarkan. Kegiatan monitoring secara realtime dapat dilaksanakan dengan memantau pada LCD yang terdapat pada pembangkit maupun pada aplikasi Blynk yang sudah mendukung Internet of Things (IoT) sehingga kegiatan monitoring dapat di lakukan kapan saja dan dimana saja.

Keywords

Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) energi terbarukan monitoring LCD Internet of Things (IoT)

Article Details

How to Cite
Ahmad Kharist Thofani, Hartono, & Fiqqih Faizah. (2023). RANCANG BANGUN PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA AIR (PLTA) SKALA KECIL MENGGUNAKAN TURBIN TIPE CROSSFLOW BERBASIS INTERNET OF THINGS. Prosiding SNITP (Seminar Nasional Inovasi Teknologi Penerbangan), 6(1). https://doi.org/10.46491/snitp.v6i1.1389