Main Article Content

Abstract

Bandara memiliki fasilitas keselamatan dan keamanan penerbangan dalam memandu pergerakan pesawat. Pergerakan pesawat diwilayah bandara pada saat melakukan Taxi, proses lepas landas dan mendarat butuh bantuan informasi dari bandara agar dapat dilakukan dengan aman. Teknisi listrik pada bandara internasional yogyakarta melakukan pengecekan fasilitas darat di sepanjang jalan raya diwilayah bandara pada malam hari secara menual dengan melihat kondisi lampu satu persatu. Dalam proses pengecekan lampu yang dilakukan memakan waktu yang lama.


Adapun cara kerja alat yaitu pertama pengguna menekan tombol on/off pada prototype lampu penerangan jalan umum lalu perintah dari smartphone  melalui aplikasi blynk yang telah terhubung dengan NodeMCU lalu ketika lampu menyala/padam maka sensor PZEM akan membaca arus dan tegangan dari lampu penerangan jalan umum selanjutnya data yang akan diterima NodeMCU akan dikirim ke smarthphone yang akan ditampilkan di aplikasi Blynk.


Hasil dari rancangan ini menggunakan mikrokontroler NodeMCU sebagai pengirim data arus dan tegangan lampu penerangan jalan umum yang dibaca oleh sensor PZEM .Dengan perencanaan alat ini monitoring arus dan tegangan pada lampu penerangan jalan umum melalui mikrokontroler NodeMCU dan sensor PZEM menggunakan aplikasi Blynk dapat memudahkan teknisi listrik dalam melakukan monitoring lampu penerangan jalan umum melalui smartphone secara jarak jauh sehingga menjadi lebih efisien..

Keywords

Penerangan Jalan Umum Aplikasi Blynk NodeMCU Tegangan Arus

Article Details

How to Cite
Indra Wahyu Nursatriya, Slamet Hariyadi, & Lusiana Dewi Kusumayati. (2023). RANCANGAN MONITORING ARUS DAN TEGANGAN LAMPU PENERANGAN JALAN UMUM BERBASIS IOT MENGGUNAKAN NODEMCU VIA APLIKASI BLYNK. Prosiding SNITP (Seminar Nasional Inovasi Teknologi Penerbangan), 6(1). https://doi.org/10.46491/snitp.v6i1.1381