Main Article Content

Abstract

Motor Listrik DC atau DC Motor adalah suatu perangkat yang mengubah energi listrik menjadi energi kinetik atau gerakan (motion). Motor DC ini juga dapat disebut sebagai Motor Arus Searah.


Tujuan dari penelitian ini dilakukan dengan memberi nilai kecepatan kepada motor DC sehingga diketahui berapa kecepatan, tegangan dan arus dari alat yang di rancang. Memberikan nilai kecepatan pada motor DC dapat di kontrol dengan menggunakan handphone / personal computer dan akan me-record arus tegangan dari motor DC tersebut dengan ditampilkan di website.


Dengan adanya rangkaian alat ini semoga dapat dijadikan salah satu acuan dasar untuk merancang suatu alat dengan sistem pengontrolan, khususnya sistem pengontrolan menggunakan mikrokontroler dan sebagai media pembalajaran di Politeknik Penerbangan Surabaya.

Keywords

Motor DC Mikrokontroler ESP8266

Article Details

How to Cite
Gilang Fikri Maghriza, Fiqqih Faizah, & Iwansyah Putra. (2023). RANCANG BANGUN SISTEM RECORDING DAN KONTROL KECAPATAN MOTOR DC MENGGUNAKAN ESP8266 BERBASIS INTERNET OF THINGS. Prosiding SNITP (Seminar Nasional Inovasi Teknologi Penerbangan), 6(1). https://doi.org/10.46491/snitp.v6i1.1377