Main Article Content

Abstract

Konservasi Energi PLN Salah satunya adalah pengembangan energi alternatif yang dapat digunakan untuk menghasilkan energi listrik, khususnya untuk keperluan rumah tangga. Dapat digunakan untuk peralatan rumah tangga.


Cakupan sistem hybrid PLTS berarti sistem hybrid ini tetap terkoneksi dengan PLN. Daya dari PLN membantu pengisian baterai yang digunakan dengan memaksimalkan penggunaan daya dari panel surya. Pada saat yang sama, ini mengurangi potensi kenaikan tagihan listrik di rumah Anda.


Pada program arduino  mengirim data ke LCD keluaran arus dan tegangan Panel surya dan terdapat arus final output 3 sumber yaitu PLN Adaptor 12V,Panel Surya dan Baterai.Sistem Smart SCC juga menampilkan didalam LCD bahwa terdapat menu mode sistem On Grid,Off Grid dan Hibrid.

Keywords

Panel Surya Sistem ONGrid Sistem OFFGrid Sistem Hibrid

Article Details

How to Cite
Dimas Tia Adiyatma, Fiqqih Faizah, & Siti Julaihah. (2023). RANCANG BANGUN KONFIGURASI HIBRID PADA PANEL SURYA UNTUK BEBAN LISTRIK ARUS SEARAH. Prosiding SNITP (Seminar Nasional Inovasi Teknologi Penerbangan), 6(1). https://doi.org/10.46491/snitp.v6i1.1373