Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memonitoring dan mendeteksi desis akibat terjadinya korona pada gardu induk PLN 20 kv di Bandar Udara Depati Amir Pangkalpinang. Salah satu efek korona pada kubikel tersebut dikarenakan daerah tropis sehingga suhu dari kubikel menurun dan naiknya kelembaban.Gangguan korona ketika tidak segera di atasi oleh teknisi mungkin berpotensi merusak peralatan di dalam kubikel dan menghasilkan rugi-rugi daya.


Sistem ini dirancang menggunakan komponen-komponen sederhana seperti DHT22 untuk memantau suhu dan kelembaban, sensor suara KY 037 memantau desis korona serta NodeMCU sebagai mikrokontroler. Pembacaan sensor akan ditampilkan pada dua(2) output yaitu LCD dan Website. Hasil pengujian alat monitoring korona pada kubikel 20 kv berbasis mikrokontroler disimulasikan menggunakan box akrilik dan hasil pembacaan sensor akan diperintahkan oleh NodeMCU dan ditampilkan di LCD dan website. Untuk data sensor yang terbaca pada saat hasil penujian alat yaitu , suhu 27,20C (tidak normal) , kelembaban 55,3 % (tidak normal) dan suara 0dB(normal).

Keywords

Sensor DHT 22 Sensor KY0 37 Sistem monitoring NodeMCU 8226 Web

Article Details

How to Cite
Cristinelia Pereira dos Santos, Kustori, & Siti Julaihah. (2023). RANCANG BANGUN MONITORING KORONA PADA KUBIKEL 20 KV BERBASIS MIKROKONTROLER DI BANDAR UDARA DEPATI AMIR PANGKALPINANG. Prosiding SNITP (Seminar Nasional Inovasi Teknologi Penerbangan), 6(1). https://doi.org/10.46491/snitp.v6i1.1372