Main Article Content

Abstract

Check-in adalah proses yang harus diselesaikan penumpang maskapai sebelum menaiki pesawat. Pada saat check-in, jika penumpang menyerahkan bagasi kepada petugas check-in, dan petugas check-in lainnya meletakkan bagasi penumpang di ban berjalan untuk diperiksa oleh personel Airport Aviation Security (AVSEC) sebelum naik dan diangkut ke pesawat. Dengan ketatnya jadwal penerbangan dan penumpang serta sistem penyortiran paket berdasarkan tujuan pada ban berjalan, masih belum ada cara bagi petugas untuk menyortir barang secara otomatis.


 menambahkan sistem kode QR ke bagasi dan perangkat sensor kode QR yang terintegrasi dan dipasang dengan sistem kontrol konveyor adalah solusi praktis untuk mengatasi masalah ini. Untuk mengaktifkan perangkat sensor QR untuk memindai kode QR dari memindai kode QR yang dilampirkan ke bagasi Anda. Kode QR menunjukkan tujuan dan maskapai dari tas yang akan dikirim, tergantung pada tujuan dan nama maskapai. Dalam penelitian ini, kami menggunakan kode QR dan mikrokontroler Arduino untuk mengembangkan prototipe konveyor pintar yang menyortir barang berdasarkan tujuan dan maskapai.

Keywords

QR Code Arduino Conveyor

Article Details

How to Cite
Aldha Martha Putri, Hartono, & Rifdian Indrianto Sudjoko. (2023). SMART CONVEYOR PROTOTYPE PEMILAH BARANG BERDASARKAN LOKASI TUJUAN DAN AIRLINES MENGGUNAKAN SCANNING QR CODE DI COUNTER CHECK IN BAGGAGE. Prosiding SNITP (Seminar Nasional Inovasi Teknologi Penerbangan), 6(1). https://doi.org/10.46491/snitp.v6i1.1366