Main Article Content

Abstract

Pesawat terbang merupakan alat transportasi yang sering digunakan untuk menempuh jarak jauh dengan waktu yang relatif singkat. Menipisnya sumber daya mineral memaksa manusia harus lebih efisien dalam menggunakan bahan bakar. Pada uji eksperimen ini penulis bertujuan untuk mengetahui kepadatan udara dan waktu yang optimal dalam menghemat bahan bakar di dunia penerbangan. Dengan metode penelitian eksperimental yaitu mengambil data saat melakukan run up engine lycoming IO-360-L2A pesawat Cessna 172 S pada pagi dan sore hari. Instrumen penelitian berupa ground run up Cessna, Aircraft Maintenance manual Cessna 172 S, dan avco lycoming IO-360 . Pengolahan data menggunakan metode tabel dan grafik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada Temperature 24⁰C pada outside Temperature menunjukkan hasil engine instrument lebih optimal dengan oil press 65,6 psi ,oil temp 85⁰F, EGT 1035⁰F,CHT 160⁰F, fuel galon used 0,4 GPH, full power throttle yaitu 2370 RPM.

Keywords

Pesawat Cesna 172S Engine lycoming IO-360 L2A Air density Ground run up Cessna book instrument engine

Article Details

How to Cite
Ajeng Wulansari, Febri Kurnia Sandy, & Didi Hariyanto. (2023). PENGARUH PERUBAHAN KEPADATAN UDARA TERHADAP ENGINE LYCOMING IO-360-L2A CESSNA 172 SP DI AKADEMI PENERBANG INDONESIA BANYUWANGI . Prosiding SNITP (Seminar Nasional Inovasi Teknologi Penerbangan), 6(1). https://doi.org/10.46491/snitp.v6i1.1350