Main Article Content

Abstract

Beberapa tahun ke depan, kebutuhan dunia akan bahan bakar fosil seperti batu bara, minyak dan gas akan meningkat. Apalagi cadangan bahan bakar fosil semakin menipis. Hal ini dikarenakan semakin banyaknya kendaraan bermotor yang tersedia. Penciptaan energi terbarukan dan alternatif saat ini merupakan langkah untuk mengurangi penggunaan bahan bakar fosil. Etanol merupakan salah satu sumber bahan bakar alternatif yang berasal dari tumbuhan atau tumbuhan. Oktan tinggi yang ditemukan dalam etanol dapat digunakan sebagai campuran bahan bakar atau sebagai bahan bakar.


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh penggunaan etanol terhadap horsepower, torsi, dan penghematan bahan bakar mesin. Untuk melakukan penelitian ini diperlukan bahan bakar, etanol, varian piston yang dimodifikasi dan instrumen untuk melakukan pengujian dan pengumpulan data yaitu Dynotest. Perubahan mesin akan terlihat dari segi tenaga, torsi dan konsumsi bahan bakar dengan penambahan ethanol dan pertamax pada piston varian modifikasi. Rasio pencampuran etanol yang rendah adalah 5%, 10%, 15%, 20%.


Hasil akhir penelitian untuk daya(hp), dan torsi(Nm), didapat pada saat menggunakan piston variasi dengan kompresi rasio 10,1:1 dengan daya tertinggi 9,0 HP, torsi tertinggi 22,17Nm, dan efisiensi bahan bakar terbaik didapat pada saat menggunakan piston standart dengan kompresi rasio 9,4:1 diangka 0,27 ml/s.

Keywords

piston daya torsi bahan bakar pertamax

Article Details

How to Cite
Tsalby Syayid Kunuzis Lail Haitamy, Ajeng Wulansari, & Sukahir. (2023). PENGARUH PENCAMPURAN BAHAN BAKAR PERTAMAX DAN LOW ETHANOL DENGAN VARIASI PISTON PADA ENGINE SATU CYLINDER . Prosiding SNITP (Seminar Nasional Inovasi Teknologi Penerbangan), 6(1). https://doi.org/10.46491/snitp.v6i1.1344