Main Article Content
Abstract
Pesawat memerlukan daya listrik untuk mengopersikan instrument, navigation light dan komponen lainnya pada pesawat. Sumber daya listrik pesawat berasal dari mesin generator yang diputar oleh engine 1, engine 2, APU, dan GPU. Sistem kelistrikan pesawat menggunakan 115VAC/400Hz dan 28 volt DC. Metode rancang bangun alat peraga pembelajaran sistem distribusi kelistrikan pesawat berpedoman pada Module Boeing 737 Electrical Power,1982. Untuk menghasilkan daya 115V AC/ 400Hz dan 28 V DC, digunakan converter yang mempunyai input power 220V AC. Tegangan 115V AC/400Hz ini digunakan untuk sumber daya listrik dari generator 1, generator 2, dan GPU dan APU. Sedangkan tegangan 28V DC digunakan untuk sumber daya listrik dari baterai. Tampilan depan alat peraga berupa gambar blok diagram distribusi kelistrikan pesawat Boeing 737-200 yang masing-masing blok diberikan indikator berupa lampu pilot. Alat peraga ini dilengkapi dangan Manual Book yang berisi procedure pengoperasian sumber kelistrikan dari GPU, APU, GEN 1, GEN 2 dan Baterai. Terdapat trouble switch yang digunakan untuk mensimulasikan kegagalan sumber kelistrikan yang dihasilkan dari GEN 1,GEN 2, dan APU. Seluruh simulasi dapat berjalan sesuai dengan rancangan.
Keywords
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.