Main Article Content

Abstract

Jurusan Lalu Lintas Udara di Politeknik Penerbangan didirikan untuk melatih taruna yang kompeten di bidang pengendalian Lalu Lintas Udara. Kementerian Perhubungan RI memiliki lembaga pendidikan yaitu sekolah penerbangan yang bertugas menyelenggarakan pendidikan profesi untuk program diploma di bidang teknik dan keselamatan penerbangan yang terbuka untuk umum. Badan Kementerian Perhubungan, Airnav Indonesia, menjalin kerja sama dengan hampir seluruh bandara di Indonesia. Sekolah penerbangan ini menawarkan lulusannya untuk bergabung dengan BUMN Indonesia. Taruna diharapkan mampu menguasai dan memecahkan suatu masalah dalam situasi normal maupun tidak normal sehingga dapat bekerja di suatu bandar udara di Indonesia.


Dalam penelitian ini, penulis mencoba menganalisis dampak rendahnya serapan lulusan program studi lalu lintas penerbangan berpengaruh signifikan atau tidak signifikan terhadap kondisi sosial lulusan studi lalu lintas penerbangan di Politeknik Penerbangan Surabaya. Metode penelitian yang digunakan penulis adalah kuantitatif. Sampel yang diambil dari populasi lulusan kelas 9, 10 dan 9 sebanyak 26 wisudawan. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada responden, kemudian data diolah melalui uji validitas, uji reliabilitas dan uji normalitas untuk syarat analisis, kemudian dilakukan analisis regresi dan uji korelasi.


Hasil uji regresi menunjukkan bahwa nilai F hitung = 21,543 dengan nilai signifikasi sebesar 0,000 sehingga variabel X (rendahnya serapan lulusan prodi lalu lintas udara) terhadap variabel Y (kondisi sosial lulusan prodi lalu lintas udara) disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan. Kemudian terdapat nilai Constant (a) sebesar 3,451 dan nilai rendahnya serapan (b/koefesien regresi) sebesar 0,868 menunjukkan bahwa arah pengaru vriabel X (rendahnya serapan lulusan prodi lalu lintas udara) terhadap variable Y (kondisi sosial lulusan prodi lalu lintas udara) adalah positif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa lulusan yang belum terserap mempengarhi secara signifikan terhadap kondisi sosial lulusan prodi lalu lintas udara di Politeknik Penerbangan Surabaya.

Keywords

dampak pengaruh serapan lulusan

Article Details

How to Cite
Nike Estrelinda Ariyani, Herminingsih, & Nyaris Pambudiyatno. (2023). ANALISA DAMPAK RENDAHNYA SERAPAN LULUSAN PRODI LALU LINTAS PENERBANGAN TERHADAP KONDISI SOSIAL LULUSAN PRODI LALU LINTAS UDARA DI POLITEKNIK PENERBANGAN SURABAYA. Prosiding SNITP (Seminar Nasional Inovasi Teknologi Penerbangan), 6(1). https://doi.org/10.46491/snitp.v6i1.1299