Main Article Content

Abstract

Bagi seorang Air Traffic Controller bahasa inggris adalah hal yang paling pokok dan sangat berperan penting terhadap pekerjaannya. Dan sebelum mendapatkan license di wajibkan lulus ujian ICAO English Language Proficiency lulus level 4. Disini peneliti merupakan Calon Air Traffic Controller Timor Leste. ANATL (Air Navigation Administration of Timor Leste) adalah bagian dari Organisasi Pemerintah yang didirikan di bawah Departemen Transportasi & Komunikasi di Ministry of Transport, Communications And Public Works (MTCOP) untuk mempromosikan keselamatan, efisiensi dan keteraturan layanan penerbangan di Timor Leste. Pada ATC timor leste sendiri tidak ada suatu Latihan aviation listening guna menunjang kemampuan listening.


Disini peneliti ingin mengembangkan suatu rancangan Latihan aviation Listening Comprehensiom untuk ATC berbasis Website. Di dalamnya terdapat kumpulan soal yang digunakan untuk Latihan Listening dari ATC. kumpulan soal yang digunakan untuk Latihan Listening dari ATC. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah metode Waterfall. Metode ini dilakukan dengan pendekatan yang sistematis, mulai dari tahap kebutuhan sistem lalu menuju ke tahap analisis, desain, coding, testing/verification, dan maintenance. Penelitian ini diharapkan dapat menunjang kemampuan listening dari ATC dalam hal pemberian pelayanan lalu lintas udara.

Keywords

ATC Aviation Listening Comprehension Website IELP

Article Details

How to Cite
Marilya Zevidora Leong Da Costa, Laila Rochmawati, & Siti Nurfadhilah. (2023). PENGEMBANGAN AVIATION LISTENING COMPREHENSION DENGAN PEMANFAATAN WEBSITE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LISTENING AIR TRAFFIC CONTROLLER. Prosiding SNITP (Seminar Nasional Inovasi Teknologi Penerbangan), 6(1). https://doi.org/10.46491/snitp.v6i1.1296