Main Article Content

Abstract

Pembelajaran yang baik adalah pembelajaran yang memberikan pengalaman berharga kepada perserta didik.Tujuan dan maksud penelitian ini adalah game edukasi berbasis aplikasi yang dikhususkan ke taruna Teknik Navigasi Udara di Politeknik Penerbangan Surabaya yang berjudul Let’s Smart Game. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE.


Responden dalam penelitian ini yaitu taruna Politeknik Penerbangan Surabaya yang sudah mempelajari atau terbiasa dengan peralatan navigasi khususnya DVOR (Doppler VHF OmniDirectional Range. Instrumen pengambilan data meliputi: lembar validasi media, lembar angket respon peserta didik dan tes (pretes dan postes).  Validator media berjumlah 3 orang yang terdiri atas: satu orang dosen ahli media dan dua orang dosen alat navigasi DVOR. Hasil validasi media ketiga validator mendapat persentase 94% dengan kategori sangat layak. Taruna memberi respon positif  sebesar 90%. Hasil penilaian karakter self regulated learning taruna mendapatkan persentase 83%. Berdasarkan data tersebut, Let’s Smart sangat layak sebagai media pembelajaran DVOR di Politeknik Penerbangan Surabaya.

Keywords

DVOR Game edukasi ADDIE Let’s Smart self regulated learning

Article Details

How to Cite
Kailasuf Al Failasuf, Yuyun Suprapto, & Sukahir. (2023). RANCANGAN APLIKASI BERBASIS PERSONAL COMPUTER “LET’S SMART” PADA DVOR MENGGUNAKAN METODE ADDIE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN. Prosiding SNITP (Seminar Nasional Inovasi Teknologi Penerbangan), 6(1). https://doi.org/10.46491/snitp.v6i1.1295