Main Article Content

Abstract

Landasan pacu adalah bagian terpenting dari bandara tempat pesawat lepas landas dan mendarat. Efisiensi kinerja runway pada suatu bandara dapat diukur dari berbagai faktor praktik operasional yang ada, seperti: B. Teknologi yang digunakan, dll. Pentingnya mencari kapasitas landasan pacu di bandara-bandara di seluruh Indonesia adalah untuk mengetahui kapasitas landasan pacu dan nilai optimasi, serta karakteristik pesawat bandara.


Metode yang digunakan untuk menghitung kapasitas runway adalah metode DORATASK. Parameter yang digunakan dalam metode DORATASK meliputi data primer meliputi data kedatangan dan keberangkatan pesawat selama satu tahun, dan data sekunder yang diperoleh dengan pengamatan langsung selama tujuh hari, meliputi dimensi runway, data lalu lintas udara, jadwal penerbangan, dan jenis pesawat yang dioperasikan. di Bandara. Data dari kedua metode tersebut diolah sebagai dasar perhitungan kapasitas runway yang tersedia.


Untuk penelitian ini, sampel data diambil dari Bandara Nop Goliat Dekai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persentase hasil perhitungan kapasitas runway metode DORATASK yang sesuai dengan kondisi bandara yang sebenarnya.

Keywords

landasan pacu DORATASK efisiensi

Article Details

How to Cite
Wiradika Styfani Putra, Julfansyah Margolang, & Faoyan Agus Furyanto. (2023). OPTIMALISASI PENGHITUNGAN KAPASITAS RUNWAY DENGAN MENGGUNAKAN METODE DORATASK DI BANDAR UDARA NOP GOLIAT DEKAI. Prosiding SNITP (Seminar Nasional Inovasi Teknologi Penerbangan), 6(1). https://doi.org/10.46491/snitp.v6i1.1257