Main Article Content
Abstract
Peningkatan pelayanan informasi penerbangan berkaitan erat dengan kinerja seluruh unit terkait, termasuk oleh unit Air Traffic Service Reporting Office (ATS RO). Menurut Annex 11 chapter 2, Air Traffic Service Reporting Office (ATS RO) adalah Suatu unit kerja yang bertanggung jawab untuk memberikan informasi/data aeronautical yang berguna bagi unit Air Traffic Services Reporting Office (ATS RO), maka diperlukan koordinasi antara Unit ATS RO dengan Unit FDO untuk menyampaikan slot time terbaru. Penulis melakukan analisis prosedur koordinasi menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/ verifikasi). Teknik pengumpulan data menggunakan; observasi, wawancara, dan studi kepustakaan. Optimalisasi koordinasi antara Unit ATS RO dan Unit FDO sesuai LOCA antara Unit ATS RO DAN Unit FDO di Perum LPPNPI Cabang Jakarta Air Traffic Service Centre (JATSC) dan SOP AFS nomor 2.2.4.3, yaitu apabila waktu validasi slot time lebih dari 30 menit tidak perlu dilakukan koordinasi. Untuk mengantisipasi DLA message yang tidak masuk pada ATS system,maka dilakukan koordinasi untuk mengupdate slot time secara manual
Keywords
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.