Main Article Content
Abstract
Sebagai penyedia layanan navigasi penerbangan, Perum LPPNPI JATSC terus berupaya meningkatkan layanan navigasi penerbangan yang diberikan sesuai dengan dokumen International Civil Aviation Organization (ICAO) Document 4444 Chapter 10 Transfer Of Coordination. Menjelaskan prosedur koordinasi antar unit atau antar departemen kontrol dalam pelayanan informasi penerbangan. Penghalang jalan yang dihadapi personel Aviation Communications Officers (ACOs) adalah bahwa alat suara langsung tidak optimal.
Alat direct speech memiliki masalah dengan nomor telepon yang memiliki kesamaan dan fungsionalitas antara unit FSS dan unit ACC (UIOS), dan masih belum ada prosedur standar untuk koordinasi antara unit FSS dan unit ACC (UIOS). Masalah kedua terletak pada pengiriman pesan yang tidak efisien dengan adjacent unit.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif dengan dua variabel. Unit FSS telepon (variabel X) dan unit ACC (UIOS) (variabel Y). teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, wawancara.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis apakah penyelenggaraan pelayanan penerbangan telah sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan alternatif solusi permasalahan di Jakarta Air Traffic Services Center (JATSC) dan meningkatkan pelayanan navigasi penerbangan khususnya dalam proses koordinasi dengan entitas lain.
Keywords
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.