Main Article Content

Abstract

Perum LPPNPI Cabang Pontianak sebagai penyelenggara pelayanan navigasi penerbangan terus memberikan pelayanan navigasi penerbangan yang mengutamakan keselamatan, efisiensi penerbangan dan ramah lingkungan untuk memenuhi harapan pengguna jasa penerbangan dan upaya peningkatan pelayanan navigasi penerbangan yang diberikan sesuai dengan Peraturan Keselamatan Penerbangan Sipil (CASR) Part 170.002 sebagaimana dijelaskan yang menjelaskan tujuan dari Air Traffic Service yang bertujuan agar pelayanan penerbangan dapat memenuhi ketentuan keselamatan penerbangan.


Kebijakan pendistribusian berita penerbangan Perum LPPNPI Cabang Pontianak memiliki permasalahan yaitu berita penerbangan yang tidak terbaca pada saat pengiriman berita FPL, DLA CHG, ARR dan DEP yang ditransmisikan oleh ATS RO sehingga pada saat pengiriman berita tidak masuk ke sistem dari Unit. FDO.


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji permasalahan yang ada atau sedang dihadapi pada Perum Airnav LPPNPI Cabang Pontianak mengenai transisi distribusi berita penerbangan yang tidak dapat dibaca oleh instrumen INDRA pada Unit FDO Cabang Pontianak. Dari hasil penelitian ini, keberadaan gangguan tersebut harus dioptimalkan dan sesuai dengan standar dan prosedur yang telah ditetapkan untuk menciptakan layanan informasi penerbangan yang aman dan efisien.

Keywords

Unit FDO Berita Penerbangan Perum LPPNPI Cabang Pontianak

Article Details

How to Cite
Muhammad Fathurrozy Trsida Junanto, Dewi Ratna Sari, & Teguh Imam Suharto. (2023). OPTIMALISASI SISTEM FLIGHT DATA OPERATOR DI ATS RO DAN UNIT FDO TERHADAP PENGIRIMAN FLIGHT PLAN DI KANTOR PERUM LPPNPI CABANG PONTIANAK. Prosiding SNITP (Seminar Nasional Inovasi Teknologi Penerbangan), 6(1). https://doi.org/10.46491/snitp.v6i1.1236