Main Article Content
Abstract
Peranan Air Traffic controller (ATC) dalam memberikan pelayanan lalu lintas udara, bergantung pada jumlah kepadatan lalu lintas di udara dengan wilayah yang menjadi tanggung jawabnya. Tenaga ATC yang handal, terampil dan berdaya tahan tinggi sangatlah diperlukan dalam kinerjanya untuk menjaga pelayanan lalu lintas udara dengan berbagai kondisi lapangan. Bandar Udara Iskandar Pangkalan Bun Provinsi Kalimantan Tengah sangat membutuhkan peranan baik oleh Air Traffic Controller (ATC) dalam operasionalnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, teknik pengumpulan data yang dipakai adalah dengan menggunakan kuesioner, skala pengukuran yang dipakai adalah menggunakan skala likert, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi Product Moment, yang dilanjutkan dengan uji koefisien determinasi dan regresi. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan analisis regresi sederhana diperoleh nilai signifikansi 0,000< 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal tersebut diperkuat dengan hasil t hitung 13,015 < 2,306 atau t hitung > t tabel sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pengajuan hipotesis terdapat pengaruh antara Attitude ATC terhadap Pelayanan Lalu Lintas Udara. Dari koefisien determinasi diperoleh nilai R Square yaitu 0.966 yang artinya Attitude ATC 96,6 % sisanya 3,4 % dipengaruhi oleh variabel lain.
Keywords
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.