Main Article Content
Abstract
Salah satu cara untuk mencari hasil teoretis adalah melakukan tes dan ujian. Pada kenyataannya tidak semua siswa dapat mencapai prestasi dan hasil belajar yang baik. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar adalah keadaan emosi seseorang yang menimbulkan kecemasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecemasan nilai teoritis dan praktis Aerodrome Control Procedure (ACP) pada taruna Lalu Lintas Udara. Metode penelitian yang digunakan penulis menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan analisis regresi linier sederhana. Populasi penelitian ini adalah seluruh taruna Kelas XII A dan XII B Program Penelitian Transportasi Udara, satu sampel dengan menggunakan jumlah populasi sebanyak 27 sampel. Variabel penelitian adalah tingkat kecemasan sebagai variabel bebas (X) dan hasil teori dan praktik ACP sebagai variabel terikat (Y). Hasil uji hipotesis SPSS data bahwa t hitung kedua variabel dependen lebih kecil dari t tabel sehingga H0 diterima. Uji F dilakukan untuk membuktikan bahwa secara parsial tingkat kecemasan tidak berpengaruh terhadap nilai teoritis dan nilai praktis taruna Program Studi Lalu Lintas Udara kelas XII A dan XII B. Angka korelasinya adalah -0,113 untuk nilai teoritis dan -0,049 untuk nilai teori. nilai praktis dengan tingkat dan arah korelasi yang sangat rendah. hubungan kedua variabel tersebut negatif. Jadi jika kecemasan meningkat, maka nilai teori dan nilai praktik menurun, begitu pula sebaliknya. Nilai teoritis dipengaruhi oleh kecemasan sebesar 1,3% dan nilai praktis dipengaruhi oleh kecemasan sebesar 0,2%. Dari total nilai determinasi ditambah 1,5% nilai teoritis dan nilai praktis taruna Prodi Lalu Lintas Udara kelas XII A dan XII B dipengaruhi oleh tingkat kecemasan para taruna.
Keywords
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.