Main Article Content

Abstract

Karakteristik aerodinamika merupakan suatu hal yang sangat penting dalam bidang ilmu aplikasi aerodinamika yang ditujukan untuk mendapatkan performansi maksimum dari suatu bentuk airfoil. Oleh karena itu dalam hal ini penelitian terhadap karakteristik aerodinamika suatu airfoil sangat diperlukan adanya guna mendapatkan hasil berupa perkembangan konfigurasi airfoil dengan hasil output gaya untuk performa yang lebih baik. Berikut Salah satunya adalah penelitian dengan simulasi menggunakan software.


Dalam penelitian ini, analisa karakteristik aerodinamika pada airfoil dilakukan dengan simulasi udara pada benda uji berupa geometri airfoil NACA 2414 yang diberi ekstensi berupa V-groove riblets. Software yang digunakan adalah ANSYS 18.2 dan Pengolahan data menggunakan metode Computational Fluid Dynamic (CFD).


           Berdasarkan hasil simulasi dengan sudut serang 0 ˚,6 ˚,10 ˚,12 ˚,15 ˚,17 ˚, pada airfoil NACA 2414 tanpa V-groove riblet dan yang sudah ditambahkan V-groove riblet, menunjukkan bahwa airfoil yang sudah ditambahkan V-groove riblet pada sudut serang 17 ˚ dapat meningkatkan nilai dari gaya agkat sebesar 0.991116 dan memiliki nilai gaya hambat sebesar 0.143698, dibandingkan airfoil tanpa V-groove riblet dengan sudut serang 12 ˚ yang memiliki nilai gaya angkat sebesar 0.896533 dan nilai gaya hambat 0.084939.

Keywords

Airfoil NACA 2414 CFD RIblets V-groove

Article Details