Main Article Content

Abstract

Emergency Locator Transmitter merupakan perangkat yang memancarkan sinyal bahaya secara otomatis apabila pesawat terjadi benturan atau hentakan yang sangat keras. ELT mengirimkan sinyal bahaya yang nantinya akan dideteksi oleh satelit non-geostationer untuk penerbangan pada frekuensi 121,5 MHz, 406,1 MHz mengirimkan posisi GPS untuk pencarian dan penyelamatan.


Pembuatan rancangan simulasi alur komunikasi ELT ini dengan menggunakan mikrokontroler arduino sebagai pengontrol utama, selain harganya murah mikrokontroler saat ini lebih mudah digunakan dibandingkan mikroprosesor dan dukungan software lainnya. Terdapat juga Sim 800L yang berperan sebagai satelit komunikasi yang berfungsi untuk memberikan pesan darurat. Pada rancangan terdapat motor stepper yang berperan sebagai penggerak alat peraga miniature pesawat. Digunakan juga lampu LED sebagai indikator pemancar alur sinyal komunikasi, Buzzer sebagai tone alert, dan Beacon Lamp.


Hasil dari pembuatan alat ini dapat digunakan untuk membantu taruna dalam proses pembelajaran praktek simulasi alur cara kerja ELT di Laboratorium Avionic Shop Politeknik Penerbangan Surabaya. Di mana pembuatan alat peraga simulasi tersebut dapat difungsikan dengan baik dan menjadi sarana praktikum saat proses pembelajaran praktek simulasi komunikasi cara kerja ELT.

Keywords

Emergency Locator Transmitte komunikasi frekuensi Sim 800L

Article Details