Main Article Content

Abstract

Untuk saat ini, segala kegiatan teknis terkait pemeliharaan dan monitoring kestabilan catu daya di aviobridge di bandar udara sebagian besar masih dilakukan secara manual dari panel ke panel. Padahal merupakan penunjang utama yang dikhususkan untuk menyalurkan suplay listrik ke panel aviobridge yang dioperasikan di bandar udara, hal tersebut kurang efektif dan efisien dalam pekerjaan sehari- harinya tentunya dalam hal waktu.


Tujuan dari alat ini adalah selain untuk mempermudahkan teknisi juga meningkatkan respon time teknisi apabila ada gangguan suplay catu daya di aviobridge dalam penanganan gangguan. Serta dapat memonitoring tegangan dan arus serta menstabilkan tegangan secara real time dimana kontrol dan monitoring dapat dilakukan dengan smartphone maupun personal computer (PC) melalui web. Dalam perancangan alat ini, penulis menggunakan mikrokontroller NodeMCU sebagai pengendali dan pengolah data, beberapa komponen lain yang dibutuhkan seperti relay, LCD serta sensor PZEM-004t.


Pembacaan nilai besaran listrik (tegangan, arus) yang dilakukan oleh sensor PZEM-004t selanjutnya dikirimkan kepada mikrokontroller, pada mikrokontroller nilai besaran listrik tersebut ditampilkan pada LCD. Modul wi-fi NodeMCU ESP32S digunakan sebagai penghubung antara mikrokontroller dengan jaringan internet sehingga penggunaan energi listrik dapat di monitoring melalui personal computer (PC) via web alat monitoring ini dapat menjadi indikator ketika low voltage.


Alat ini terdapat dua mode yaitu, auto dan manual untuk menstabilkan tegangan yang masuk yang terdeteksi oleh sensor PZEM-004t. Pada mode auto error yang dihasilkan oleh stabilizer ini sebesar 1,86%, sedangkan pada mode manual sendiri error yang dihasilkan 2,24%.

Keywords

NodeMCU Smartphone Personal Computer (PC) Web Sensor PZEM-004t

Article Details