Main Article Content

Abstract

Angka kecelakaan lalu lintas di Indonesia menjadi salah satu masalah utama penyelenggaraan transportasi. Jumlah kecelakaan yang tinggi pada tahun 2024 mencapai angka 152.000 kejadian dengan 27.000 korban meninggal dunia yang didominasi usia produktif. Trend kecelakan semakin meningkat 30% dari tahun 2019 ke tahun 2024. Akibat kecelakaan yang terjadi menimbulkan biaya kecelakaan termasuk kehilangan produktivitas sehingga dapat berdampak pada potensi peningkatan kemiskinan. Memperhatikan kondisi tersebut dapat dilakukan upaya peningkatan keselamatan dengan mitigasi pemasangan perlengkapan jalan rambu lalu lintas dan marka. Pemasangan perlengkapan jalan tersebut seharusnya simultan dengan pemahaman pengemudi sehingga upaya yang dilakukan dapat berjalan efektif dan berdampak pada berkurangnya jumlah kecelakaan. Penelitian ini merupakan penelitian pendahuluan untuk menganalisis implementasi self explaining road terhadap biaya kecelakaan lalu lintas. Penelitian ini mengidentifikasi tingginya angka kecelakaan yang dapat dikurangi dengan penerapan desain self explaining road. Data awal menunjukkan relevansi konsep ini untuk keselamatan, dan penelitian dapat dilanjutkan ke tahap analisis lebih lanjut sesuai kriteria MOSI.

Keywords

biaya kecelakaan kecelakaan lalu lintas keselamatan jalan penelitian pendahuluan self explaining road

Article Details

References

  1. Abubakar, R. (2021). Pengantar Metodologi Penelitian. SUKA-Press UIN Sunan Kalijaga. https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42716/1/Pengantar Metodologi Penelitian.pdf
  2. Afivie, R. W., & Kartika, A. A. G. (2023). Analisis Kecelakaan Lalu Lintas pada Ruas Jalan Slamet Riyadi-Supriadi Kabupaten Jember. Jurnal Teknik ITS, 12(3). https://doi.org/10.12962/j23373539.v12i3.127367
  3. Afriani, E. D., Purnamasari, F., & Riskiyono, J. (2024). Abdi Laksana : Jurnal Pengabdia Kepada Masyarakat. Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5.
  4. Arifin, R. (2020). Korban Kecelakaan Lalu Lintas Banyak yang Jadi Miskin, Kok Bisa? Oto.Detik.Com. https://oto.detik.com/berita/d-5193547/korban-kecelakaan-lalu-lintas-banyak-yang-jadi-miskin-kok-bisa
  5. Ayuningtyas, A. D. (2024). 2023 Capai Angka Tertinggi Kecelakaan Lalu Lintas 5 Tahun Terakhir. Goodstats.Id. https://goodstats.id/article/2023-capai-angka-tertinggi-kecelakaan-lalu-lintas-5-tahun-terakhir-z67bk
  6. Damayanti, A., Safitri, D., Studi, P., Sipil, T., Teknik, F., Kepulauan, K. T., & Pendahuluan, I. (2024). Evaluasi titik pemasangan rambu lalulintas di kota tidore kepulauan. Jurnal Teknik, 17(2), 85–91.
  7. Departemen Pekerjaan Umum. (2005). Perhitungan besaran biaya kecelakaan lalu lintas dengan menggunakan metode the gross output (human capital). Pedoman Konstruksi Dan Bangunan.
  8. Digital Channel. (2021). Selalu Waspada, Ini 4 Faktor Penyebab Kecelakaan Lalu Lintas. Www.Gardaoto.Com. https://www.gardaoto.com/automotive/selalu-waspada-ini-4-faktor-penyebab-kecelakaan-lalu-lintas
  9. Donny Dwisatryo Priyantoro, A. M. (2021). Human Error, Penyebab Kecelakaan Lalu Lintas Paling Dominan. Otomotif.Kompas.Com. https://otomotif.kompas.com/read/2021/09/21/184200915/human-error-penyebab-kecelakaan-lalu-lintas-paling-dominan
  10. Elsa, T. T., & Farida, I. (2022). Analisis Biaya Kecelakaan Lalu Lintas di Kabupaten Garut. Jurnal Konstruksi, 19(2), 428–438. https://doi.org/10.33364/konstruksi/v.19-2.915
  11. Global Road Safety Facility. (2019). Tinjauan Singkat Pendekatan Keselamatan Jalan di Singapura. Bloomberg Philantropies.
  12. Gunawan, S., Visti Rurianti, D., Kuantan Singingi, I., Gatot Subroto, J. K., Kuantan, T., Kuantan Tengah, K., & Singingi, K. (2022). Tingkat Kepatuhan Masyarakat Pengguna Jalan terhadap Fungsi Rambu-Rambu dan Marka Lalu Lintas di Kota Teluk Kuantan. Jps, 2(2), 136–144.
  13. Handayani, D., Ophelia, R. O., & Hartono, W. (2017). Pengaruh Pelanggaran Lalu Lintas terhadap Potensi Kecelakaan pada Remaja Pengendara Sepeda Motor. E-Jurnal Matrks Teknik Sipil, 5(3), 838–843.
  14. Hendratmoko, P. (2018). Teori Nilai Keselamatan Transportasi Jalan. Jurnal Keselamatan Transportasi Jalan (Indonesian Journal of Road Safety), 5(2), 29–36. https://doi.org/10.46447/ktj.v5i2.47
  15. Hidayati, A., & Hendrati, L. Y. (2016). Analisis Risiko Kecelakaan Lalu Lintas Berdasar Pengetahuan, Penggunaan Jalur, Dan Kecepatan Berkendara. Jurnal Berkala Epidemiologi, 4(2).
  16. Himawan, A. (2021). Strategi Penanganan Lokasi Rawan Kecelakaan di Jalan Kaliurang STA 6+000-16+800 Yogyakarta Menggunakan Five Principles for Sustainable Safe Traffic System. Https://Dspace.Uii.Ac.Id, 255. ftp://175.45.187.195/Titipan-Files/BAHAN WISUDA PERIODE V 18 MEI 2013/FULLTEKS/PD/lovita meika savitri (0710710019).pdf
  17. iRAP. (2022). Konsep Jalan yang Dapat Menjelaskan Diri Sendiri (SER). Toolkit.Irap.Org. https://toolkit.irap.org/safer-road-treatments/self-explaining-road-ser-concept/
  18. Isril, R. A. (2021). Sambut Peringatan Hari Jalan. Pupr.Acehprov.Go.Id. https://pupr.acehprov.go.id/berita/kategori/dinas-pupr-aceh/sambut-peringatan-hari-jalan-ditjen-bina-marga-menggelar-beberapa-perlombaan
  19. Jumadil, Hakzah, & Mustakim, M. (2022). Analisis Keselamatan Lalu Lintas Berdasarkan Pemahaman Berkendara Terhadap Simbol Rambu Lalu Lintas (Studi Kasus : Data’E, Lainungan, Kabupaten Sidenreng Rappang). Jurnal Karajata Engineering, 2(2), 1–9. https://doi.org/10.31850/karajata.v2i2.1744
  20. Kementerian Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat. (2016). Desain Jalan Berkeselamatan. Diklat Jalan Berkeselamatan - Modul 9, 1–77.
  21. KPUPR. (2019). Pengenalan Rekayasa Keselamatan Jalan. Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia, 2, 1–80.
  22. Kusumaningrum, S., & Pratiwi, B. S. (2015). Kajian Pemahaman Pengguna Sepeda Motor Dalam Berlalu Lintas (Studi Kasus Kota Ungaran Dan Sekitarnya). Teknika, 2015, 44–52. http://journals.usm.ac.id/index.php/teknika/article/view/755
  23. La Ode, A. T., Hidayat, A., Purnama, H., & Mutiasari, U. (2023). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Kecelakaan Lalu Lintas Pada Kecamatan Pomalaa Kabupaten Kolaka. Borneo Engineering : Jurnal Teknik Sipil, 7(3), 311–319. https://doi.org/10.35334/be.v7i3.3449
  24. Lintas, L., Marka, D. A. N., Di, J., & Padang, K. (2017). Studi Pemahaman Mahasiswa Sebagai Pengendara Terhadap Rambu Metodologi pengumpulan data. 26–27.
  25. Muallif. (2022). Metodologi Penelitian : Pemilihan Topik Penelitian. An-Nur.Ac.Id. https://an-nur.ac.id/blog/metodologi-penelitian-pememilihan-topik-penelitian.html
  26. Mubalus, S. F. E. (2023). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Kecelakaan Lalu Lintas Di Kabupaten Sorong Dan Penanggulangannya. Soscied, 6(1), 182–197.
  27. Nalsalisa, M., Barus, B., Oktoferin Sinaga, C., Hutasuhut, V. R., Astuti, S., & Manalu, R. (2024). Analisis Dampak Pelanggaran Lalu Lintas terhadap Keselamatan Masyarakat dan Upaya Mempromosikan Nilai-Nilai Kemanusiaan dan kesadaran berkendara. Jurnal Insan Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 2(3), 150–160. https://doi.org/10.59581/jipsoshum-widyakarya.v2i3.3438
  28. Nugroho Dwi Yunianto, Mutia, Putri Raudhah Heros, & Dase Erwin Juansah. (2023). Studi Pendahuluan atau Kajian Relevan. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 6092–6098.
  29. Pandey, S. V. (2013). Mewujudkan Jalan Yang Berkeselamatan. Tekno Sipil, 11(59), 30–41. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/tekno/article/view/4305
  30. Prabowo, A. D. D. (2024). Ada 150 Ribu Kecelakaan Selama 2024, Kakorlantas: Jalan Raya Jadi Mesin Pembunuh. Nasional.Kompas.Com. https://nasional.kompas.com/read/2024/12/15/21562541/ada-150-ribu-kecelakaan-selama-2024-kakorlantas-jalan-raya-jadi-mesin
  31. Prasetyanto, D. (2019). Rekayasa Lalu Lintas dan Keselamatan Jalan. Penerbit Itenas.
  32. Prasetyanto, D. (2020). Keselamatan Lalu LIntas Infrastruktur Jalan. Penerbit Itenas.
  33. Prastiyo, I. B. (2023). Analisis Kejadian dan Biaya Kecelakaan Lalu Lintas (Studi Kasus Kota Jambi). Jurnal Keselamatan Transportasi Jalan (Indonesian Journal of Road Safety), 2(10), 116–124. https://ktj.pktj.ac.id/ktj/article/view/561
  34. Putra, Y. T. S. (2023). Jurnal Pusiknas Bareskrim Polri. Pusiknas Polri.
  35. Putri, R. F., Hidayatullah, Y. P., Aryansyah, A. D., Feni, R., Bengkulu, U. M., & Lintas, R. L. (2024). Sosialisasi Pengenalan Rambu Lalu Lintas Serta Penerapan Hukum Sejak Dini Pada Siswa Sdn 26 Kota. Jurnal Kajian Ilmiah Interdisiplinier, 8(9), 85–93.
  36. Putri, V. (2024). Jumlah Laka Lantas di Indonesia Capai 288 Ribu Kasus, Apa Penyebabnya? Goodstats.Id. https://goodstats.id/article/jumlah-laka-lantas-di-indonesia-mencapai-288494-apa-penyebabnya-npB1K
  37. Ragam Info. (2023). Mengenal Pengertian Manifestasi beserta Contohnya dalam Kehidupan. Kumparan.Com. https://kumparan.com/ragam-info/mengenal-pengertian-manifestasi-beserta-contohnya-dalam-kehidupan-20huYVD45CZ/full
  38. Rayfa. (2025). Mengenal Self-Explaining Road: Inovasi Desain Jalan yang Tingkatkan Keselamatan Berkendara. Ruangbicara.Co.Id. https://ruangbicara.co.id/mengenal-self-explaining-road-inovasi-desain-jalan-yang-tingkatkan-keselamatan-berkendara/2/
  39. Rokhim, A., Hidayat, R. A., Sabrina Lailita, & Humairoh, B. N. T. (2024). Implikasi Pemasangan Rambu-Rambu Lalu Lintas DinasPerhubungan Kabupaten Jember Terhadap Keselamatan Berkendara. Gudang Jurnal Multidisiplin Ilmu, 2, 327–330.
  40. Sailendra, A. B. (2020). Akibat terjadinya kecelakaan juga menimbulkan biaya kecelakaan seperti biaya penanganan dan perawatan korban. Jurnal Jalan Dan Jembatan.
  41. Salmaa. (2023). Studi Literatur: Pengertian, Ciri, Teknik Pengumpulan Datanya. Penerbitdeepublish.Com. https://penerbitdeepublish.com/studi-literatur/
  42. Setyarini, N. P. S. E., & Taubi, F. I. (2022). Evaluasi Kondisi Ruas Jalan Tomang Raya Dengan Akj Untuk Mencapai Jalan Berkeselamatan. Jurnal Muara Sains, Teknologi, Kedokteran Dan Ilmu Kesehatan, 6(2), 291–300. https://doi.org/10.24912/jmstkik.v6i2.18453
  43. Sitorus, B., S. Sitorus, A., Irpan Harsono, T., & Natalia Sitorus, C. (2022). Persepsi Masyarakat Terhadap Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan Dan Kebijakan Perlindungan Kecelakaan Jalan. Jurnal Keselamatan Transportasi Jalan (Indonesian Journal of Road Safety), 9(1), 60–70. https://doi.org/10.46447/ktj.v9i1.426
  44. Sugiyanto, G., Pratama, S. B., Fadli, A., & Santi, M. Y. (2021). Implementasi Hasil Road Safety Audit (RSA) di Article Info. Jurnal Warta LPM, 24(1), 47–58. http://journals.ums.ac.id/index.php/warta
  45. Tisara Sita, & Dian Rusmanawati. (2024). Marka Jalan Berpendar dalam Gelap: Inovasi Preservasi Jalan Berkelanjutan. Jurnal Inersia, 16(1), 54–60. https://doi.org/10.46964/inersia.v16i1.980
  46. Vita, M. (2029). Analisis Penyebab Kecelakaan Lalu Lintas Pada Bundaran Simpang Palas Pekanbaru [Universitas Islam Riau]. http://repository.uir.ac.id/id/eprint/11740%0Ahttps://repository.uir.ac.id/11740/1/153120039.pdf
  47. Yuda Saputraa, M. T., & Anwar, C. (2021). Studi Evaluasi Penempatan Rambu Dan Marka Terhadap Geometrik Jalan Di Kecamatan Ternate Barat. Journal of Science and Engineering, 4(1), 82. https://doi.org/10.33387/josae.v4i1.3117