Main Article Content
Abstract
Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) bertujuan peningkatan pengetahuan dan keterampilan siswa serta mempersiapkan mereka sebagai sumber daya manusia yang berintelektual, berwawasan umum, dan berkemampuan secara mendalam, oleh karena itu lulusan SMK seharusnya melanjutkan ke jenjang pendidikan selanjutnya. Pemilihan jurusan yaitu suatu pengambilan keputusan yang merupakan proses dimana seseorang menjatuhkan pilihannya dari beberapa alternatif pilihan yang ada. Dengan menentukan pilihan jurusan yang tepat, siswa/i diharapkan mampu menyiapkan diri dengan optimal terhadap pilihan yang telah diambil. Kecenderungan saat ini banyak siswa/i yang tidak tahu minat dan bakatnya saat akan memilih program studi nantinya. Beberapa siswa/i sering mengalami kendala dalam memutuskan memilih perguruan tinggi mana dan memilih jurusan kuliah apa karena sebagian siswa belum mengetahui bakat dan minatnya sendiri, tak sedikit siswa yang memilih jurusan atas dasar mengikuti temannya yang sudah kuliah atau dorongan dan paksaan orang tua yang bisa menimbulkan banyak dampak di kemudian hari. Kegiatan pengabdian masyarakat pada program studi lalu lintas udara tahun 2023 ini diarahkan untuk mengetahui kecerdasan majemuk masing masing siswa/i dalam hal persiapan memilih program pendidikan pada pendidikan tinggi sangatlah dibutuhkan. Penelitian deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang bertujuan penelitian terbatas, tetapi pencapaian ini memperoleh informasi sebanyak-banyaknya mengenai sasaran dari kegiatan PKM. Hasil penelitian dapat dibuktikan dengan adanya kuesioner rata-rata responden menjawab bahwa kegiatan PkM ini Sangat Baik, dapat dilihat pada presentase menunjukkan 50,3%. Dengan adanya hasil tersebut peserta pelatihan mengharapkan program pengabdian kepada masyarakat agar terus diadakan secara konsisten setiap tahunnya dan lebih banyak pelatihan yang diadakan untuk program pengabdian kepada masyarakat.
Keywords
Article Details
References
- Alwan, Muhammad. Teori Kecerdasan Ganda Howard Gardner. http://menuntutbelajar.blogspot.co.id/2014/10/teori-kecerdasan-gandahowardgardner.html. (23 Desember 2015).
- Anderson, John R. Cognitive Psychology and Its Implications, New York: Worth Publishers,2000.
- Azwar, Saifuddin. Pengantar Psikologi Intelegensi, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2006.
- Bratcher, S. (2012). The learning-to-write process in elementary classrooms. Routledge.
- Gadnerd, Howard. Intelligence Reframed: Multiple Intelligences for the 21st Century, New York: Basic Books, 1999.
- Gardner, H. (1985). The mind's new science. Basic Books.
- Gardner, H. (2004). Audiences for the Theory of Multiple Intelligences. Teachers College Record, 106(1), 212-220.
- Ldi, Abdullah. Sosiologi Pendidikan; Individu, Masyarakat, dan Pendidikan, Jakarta: Rajawali Pers, 2011.
- Lucy, Bunda. Mendidik Sesuai dengan Minat dan Bakat Anak (Painting your children’s future), Jakarta: Tangga Pustaka, 2010.