STUDI EKSPERIMEN VISUALISASI ALIRAN PADA AIRFOIL NACA 0012 DENGAN VORTEX GENERATOR

Authors

  • Tandyta Permata Putra Politeknik Penerbangan Surabaya
  • Setyo Hariyadi S.P. Politeknik Penerbangan Surabaya

Keywords:

Airfoil, NACA 0012, Vortex generator, angle of attack

Abstract

Airfoil merupakan suatu struktur aerodinamika yang banyak digunakan baik pada sayap pesawat maupun mesin - mesin fluida seperti kompresor, dan turbin. Airfoil pada sayap pesawat digunakan untuk mengangkat badan pesawat. Perbedaan tekanan antara bagian atas dan bawah airfoil menyebabkan pesawat mendapat gaya angkat. Peningkatan performa airfoil dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya yaitu memberi vortex generator untuk meluruskan aliran udara yang melewati airfoil. Hal ini sering terlihat pada hampir semua jenis pesawat terbang.

Metode yang akan digunakan pada studi ini adalah simulasi ekperimen menggunakan terowongan angin (wind tunnel)subsonic dengan kecepatan freestream yang digunakan yaitu kecepatan 10 m/s. Benda uji berupa airfoil NACA 0012 dengan panjang chord 50 cm, sudut serang (angle of attack) 0°, 4°, 10°, 12° dan 15°, dan variasi vortex generator.

Dari penelitian ini didapatkan performa aerodinamika dan fenomena aliran di sekitar airfoil. Perihal ini ada peningkatan performa aerodinamika pesawat dari sudut serang 4° sampai sudut serang 15° terbukti dengan kenaikan CL/CD dan penundaan stall.

Downloads

Published

2018-10-18