PERENCANAAN PERPANJANGAN LANDASAN PACU UNTUK OPTIMALISASI PESAWAT TIPE B 737 – 800 DI BANDAR UDARA INTERNASIONAL SUPADIO PONTIANAK

Authors

  • Muhammad Irsyad Abrori POLITEKNIK PENERBANGAN SURABAYA
  • Linda Winiasri POLITEKNIK PENERBANGAN SURABAYA
  • Safitri Nur Wulandari POLITEKNIK PENERBANGAN SURABAYA

Keywords:

Bandar udara, COMFAA, FAARFIELD, FAARFIELD panjang landasan

Abstract

Bandar Udara Internasional Supadio Pontianak memiliki landasan pacu dengan
panjang 2.250 meter dan lebar 45 meter dengan perkerasan lentur, dengan panjang
landasan pacu eksisting, pesawat B 737-800 tidak dapat beroperasi dengan beban
maksimal, sehingga harus mengurangi beban pesawat agar dapat beroperasi di
landasan pacu tersebut. Penelitian ini disusun agar dapat mengetahui dan
merencanakan kebutuhan panjang landasan optimal, merencanakan ketebalan dan
kekuatan serta rencana anggaran biaya yang digunakan dalam pekerjaan
perpanjangan landasan pacu di bandara tersebut. Metode yang digunakan dalam
tugas akhir ini mengacu pada regulasi nasional maupun internasional dan telah
ditetapkan oleh International Civil Aviation Organization (ICAO) maupun FAA
(Federation Aviation Administation), sedangkan untuk menentukan rencana
anggaran biaya digunakan pedoman analisa harga satuan yang dikeluarkan oleh
pemerintah daerah setempat. Hasil dari perencanaan ini diperoleh bahwa kebutuhan
penjang landas pacu adalah sepanjang 2.600 m, ketebalan struktur landas pacu yang
direncanakan adalah 142 cm dengan nilai kekuatan PCN sebesar 75, dan biaya
pelaksanaan yang diperoleh dari perhitungan RAB untuk perpanjangan landas pacu
sebesar Rp 37,842,657,000.00.

Downloads

Published

2020-04-06

Issue

Section

Articles