Main Article Content

Abstract

Bandar Udara Internasional Husein Sastranegara adalah bandara milik PT. Angkasa Pura II yang terletak di Kota Bandung Provinsi Jawa Barat. Bandar Udara Internasional Husein memiliki permasalahan yaitu terdapat elevasi antara badan Runway dan Turn Pad yang dapat mengakibatkan one wheel lock pada area Runway yang dikarenakan pada saat pesawat melakukan manuver perputaran tidak mengikuti guide line yang ada.


Overlay adalah lapisan perkerasan tambahan yang dipasang di atas  perkerasan eksisting dengan tujuan untuk meningkatkan kekuatan struktur sehingga dapat menampung volume lalu lintas yang diharapkan sepanjang umur rencana. Tujuan dilaksanakannya Overlay Turn Pad untuk menyamakan ketinggian dengan tinggi badan Runway yang sekarang dengan menggunakan metode Pelaksanaan Lapis Tambah (Overlay) Perkerasan Lentur (Flexible Pavement).


Dengan menggunakan bantuan aplikasi FAARFIELD untuk mendapatkan tebal perkiraan untuk dilaksanakan pekerjaan Overlay pada Turn Pad Bandar Udara Internasional Husein Sastranegara Bandung 50.8 mm untuk Turn Pad 29 dan 58.0 mm untuk Turn Pad 11 dengan menggunakan Aspal PG 76. Pada perencanaan Overlay Turn Pad ini menghasilkan nilai PCN untuk Turn Pad Runway 29 Sebesar 57 dan pada Turn Pad Runway 11 sebesar 104. Dari pekerjaan pelapisan ulang (Overlay) Turn Pad ini memerlukan biaya senilai Rp. 144,300,000.00 (Seratus Empat Puluh Empat Juta Tiga Ratus Ribu Rupiah)

Article Details