Main Article Content

Abstract

Fasilitas sisi udara Bandar Udara Internasional Husein Sastranegara Bandung memiliki landas pacu 2220 meter dan lebar 45 meter dengan PCN 50 F/C/X/T. Bandar Udara Internasional Husein Sastranegara Bandung saat ini memiliki umur perkerasan aspal yang sudah mencapai 5 tahun setelah overlay terakhir, dan juga adanya beberapa titik weakspot. Hasil investigasi yang diperoleh menunjukkan bahwa kerusakan yang terjadi Weakspot berupa Patching Utility, Weathering, Depression, Bleeding, Rutting dan Corrugation. Maka perlu dilakukan perbaikan yang sesuai dengan regulasi KP 94 Tahun 2015 tentang Pemeliharaan Konstruksi Perkerasan Bandar Udara, sesuai dengan kerusakannya berikut beberapa cara yang bisa dilaksanakan,yaitu jika kondisi ringan (tidak mengakibatkan retakan dan terdapat pada area non kiritis) cukup dilakukan pembersihan dan pengamatan secara terjadwal. Namun jika kondisi sedang sampai berat pada area tidak luas,maka dilakukan pemotongan secara lokal/Patching secara tegak lurus sesuai tebal lapis permukaan dan diisi dengan campuran aspal panas/Hotmix asphalt sesuai spesifikasi teknis dan metode pelaksanaan. Dan hasil dari analisis data, rata-rata nilai PCI Runway Bandara Internasional Husein Sastranegara adalah 85,7 % (Delapan Lima Koma Tujuh Persen).

Article Details