Main Article Content

Abstract

Wing adalah Sayap dipasang di sisi badan pesawat dan merupakan permukaan yang mengangkat pesawat ke udara. Terlepas dari desainnya, sayap memenuhi persyaratan kinerja yang diharapkan untuk desain pesawat tertentu. Penelitian ini meliputi perbandingan karakteristik aliran fluida dengan dan tanpa penambahan vortex generator.  Dan pada profil vortex generator yang digunakan adalah Triangular vortex generator dengan konfigurasi counter rotating dan ditempatkan jarak pada x/c = 20% . Dengan kecepatan yang digunakan yaitu  20 m/s, pada sudut serang (α) 0º,2°,4º,6°,8°,10°,12º,15°,17°, dan 20º, Dari hasil penelitian ini membuktikan bahwa airfoil dengan Trapezoidal vortex  generator mengindikasikan adanya peningkatan performa pada airfoil Eppler 562, dengan meningkatkan laju perubahan aliran dari mengalir ke turbulen  , airfoil dengan vortex generator mampu mereduksi efek stall di banding dengan airfoil tanpa vortex generator.

Article Details