Main Article Content

Abstract

Upaya pengurangan gaya drag pada sebuah silinder adalah penelitian yang masih populer dilaksanakan oleh banyak peneliti hingga saat ini. Pengurangan gaya drag ini sangat bermanfaat dan dan banyak digunakan seperti pada desain pipa-pipa heat exchanger, tiang pancang konstruksi bangunan lepas pantai dan pilar-pilar jembatan. Upaya penurunan gaya drag dilakukan meggunakan simulasi numerik Ansys Fluent® dengan diameter geometri silinder utama adalah D = 60 mm, diameter silinder pengganggu d = 0.5D dengan diberikan variasi jarak antar titik pusat antara kedua silinder adalah 1.2≤s/D≤1.4 dan Reynold number Re = 5.3 x 104 pada kecepatan U ͚=14 m/s. Simulasi numerik ini juga diberikan variasi turbulent model k-epsilon (2eq), k-omega (2eq) dan transition k-kl-omega (3eq) untuk mendapatkan data hasil simulasi numerik yang mendekati eksperimental. Hasil dari pelitian ini diharapkan mampu menunjukan peningkatan performa aerodinamika yang lebih baik. Adapun analisa dilakukan dengan membandingkan beberapa parameter ukur antara silinder tunggal tanpa pengganggu dan silinder dengan pengganggu. Adapun beberapa pertimbangan yang digunakan dalam analisa performa aerodinamika ini adalah Cp, distribution tekanan didinding silinder utama, Cd, Cl dan visualisasi kontur kecepatan dan tekanan.

Keywords

bluff body cylinder circular CFD coefficient of drag coefficient of lift.

Article Details