Main Article Content

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian dasar yang menitik beratkan pada upaya penurunan gaya drag pada sebuah pipa silinder pada sebuah heat exchanger dengan penempatan silinder pengganggu pada area arah aliran datang. Karakteristik aerodinamika daripada silinder utama dan pengganggunya dimodelkan secara 2D dengan menggunakan Ansys Fluent® pada aliran laminar. Upaya penurunan gaya drag dilakukan dengan diameter silinder utama D = 60 mm, dengan tipe silinder pengganggu I-530 dengan jarak antar titik pusat kedua silinder adalah 1.2≤s/D≤1.4 dan Reynold number Re = 5.3 x 104 pada kecepatan U ͚=14 m/s. Simulasi numerik menggunakan variasi turbulent model k-epsilon (2eq), k-omega (2eq) dan transition k-kl-omega (3eq). Hasil dari pelitian ini diharapkan mampu menunjukan performa aerodinamika yang lebih baik, dengan membandingkan beberapa parameter ukur antara silinder tunggal dan silinder dengan pengganggu. Parameter ukur yang dianalisa adalah y3coefficient of pressure, distribution tekanan disekitar dinding silinder utama, coefficient of lift, coefficient of drag dan visualisasi kontur kecepatan dan tekanan.

Keywords

silinder tipe I-530 bluff body coefficient of lift coefficient drag CFD

Article Details