Main Article Content

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian dasar yang menitik beratkan pada upaya penurunan gaya drag sebuah pipa kapiler pada sebuah Heat Exchanger dengan penempatan silinder pengganggu pada area arah aliran datang. Karakteristik aerodinamika daripada silinder utama dan pengganggunya dimodelkan secara 2D dengan menggunakan Ansys Fluent® pada aliran laminar.


Upaya penurunan gaya drag dilakukan dengan diameter silinder utama D = 60 mm, dengan tipe silinder pengganggu I-650 dengan jarak antar titik pusat kedua silinder adalah s/D=1.4 dan Reynold number Re = 3.03 x 104 pada kecepatan V=8 m/s.


Penelitian berikut ini menggunakan bluff body cylinder berbentuk I 650 dan pipa kapiler sebagai cylinder pengganggunya. Silinder penganggu ini diletakkan tegak lurus terhadap vector kecepatan aliran bebas. Dalam metode penelitian ini diharapkan mampu mengurangi gaya drag.


Dari Penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa nilai nilai perubahan CP pada bilangan Reynold Re= 3.03 x 104 sangat dekat dengan nilai CP simulasi dengan Reynold Re= 5.3 x 104 pada percobaan susunan silinder tandem dengan pengganggu tipe I-65o. Pemasangan silinder pengganggu I-65o mengakibatkan penurunan nilai CD rata-rata menjadi 32% dari nilai awal dan meningkatkan rata-rata CL sebesar 51% dari nilai awal.

Keywords

bluff body cylinder I-65 Reynolds number drag pipa kapiler

Article Details

How to Cite
Gunawan Abdillah Munawar, Gunawan Sakti, & Aulia Regia Soekindra Putra. (2022). STUDI NUMERIK PENGURANGAN GAYA DRAG PADA TANDEM PIPA KAPILER DENGAN PENGGANGU SILINDER I-650. Prosiding SNITP (Seminar Nasional Inovasi Teknologi Penerbangan), 5(2). https://doi.org/10.46491/snitp.v5i2.995