Main Article Content

Abstract

Penelitian dasar ini berfokus pada upaya penurunan gaya drag sebuah pipa silinder sirkuler dengan penempatan silinder pengganggu pada area upstream. Penurunan gaya drag dilakukan untuk mengurangi pressure drag yang dialami heat exchanger. Simulasi karakteristik silinder utama dan pengganggu dimodelkan secara 2D menggunakan Ansys Fluent® dengan pemodelan transition k-kl-omega. Upaya penurunan gaya drag dilakukan dengan diameter silinder utama D = 60 mm, dengan tipe silinder pengganggu I-65o berukuran d/D = 0.125. Jarak antar titik pusat kedua silinder adalah S/D=1.375 dan Reynold number Re = 4.54 x 104 pada kecepatan U ͚=12 m/s. Hasil yang diharapkan dari penelitian ini yaitu simulasi menunjukkan karakteristik gaya aerodinamika yang lebih baik yaitu adanya pengurangan koefisien drag ketika silinder utama diberi pengganggu. Parameter ukur yang dianalisis adalah coefficient of pressure, distribusi tekanan di sekitar dinding silinder utama, coefficient of lift, coefficient of drag dan visualisasi kontur kecepatan dan tekanan. Dari simulasi yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa nilai nilai perubahan CP pada bilangan Reynold Re= 4.54 x 104 sangat dekat dengan nilai CP simulasi dengan Reynold Re= 5.3 x 104 pada percobaan susunan silinder tandem dengan pengganggu tipe I-65o. Pemasangan silinder pengganggu I-65o mengakibatkan penurunan nilai CD rata-rata menjadi 32% dari nilai awal dan meningkatkan rata-rata CL sebesar 51% dari nilai awal.

Keywords

kontrol pasif I-type bluff body drag distribusi tekanan

Article Details