Main Article Content

Abstract

Piston engine merupakan engine yang menggunakan piston sebagai tenaga penggeraknya. Piston dapat bergerak karena adanya pembakaran antara campuran udara (air) dengan bahan bakar (fuel) di dalam ruang bakar (combustion chamber). Piston yang bergerak pada cylinder dihubungkan dengan crankshaft melalui connecting rod untuk menggerakkan atau memutar propeller. Pembakaran di dalam combustion chamber menghasilkan ekspansi gas panas yang dapat menggerakkan piston bergerak keatas dan kebawah. Taruna seringkali mendapat permasalahan dalam melepas rocker shaft yang stuck. Karena membutuhkan tenaga yang besar dan kurang efektif jika menggunakan alat yang kurang sesuai. sehingga diperlukan alat yang diperlukan untuk melepas rocker shaft.


Pembuatan rancangan ini di design dengan menggunakan bahan steel atau baja dikarenakan mayoritas tools menggunakan bahan ini, rancangan ini menggunakan teknik drilling untuk membuat lubang sesuai design, teknik turning untuk membuat ulir, serta teknik pengecatan untuk memperoleh hasil yang bagus dan terhidar dari korosi. Hasil uji coba penulis ini, diharapkan terhadap alat yang dirancang untuk melepas rocker shaft dapat bekerja dengan baik dan terbukti bahwa rocker shaft puller ini membantu upaya meningkatkan safety dan tidak menggunakan alat yang tidak sesuai kebutuhan praktek. Sehingga nantinya dapat disimpulkan bahwa penggunaan special tool lebih efektif serta sebagai upaya meningkatkan safety dalam melaksanakan praktek overhaul.

Keywords

Specialtool Rocker Shaft puller Rocker Shaft Overhaul

Article Details

How to Cite
Rachmat Irawan, Suseno, & Dewi Ratna Sari. (2022). RANCANGAN PEMBUATAN ALAT SPECIAL TOOL ROCKER SHAFT PULLER UNTUK ENGINE AVCOLYCOMING IO-360 SEBAGAI PENUNJANG PEMBELAJARAN DI HANGAR POLITEKNIK PENERBANGAN SURABAYA. Prosiding SNITP (Seminar Nasional Inovasi Teknologi Penerbangan), 5(2). https://doi.org/10.46491/snitp.v5i2.952