Main Article Content
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan penelitian deskriptif kuantitatif yang sangat kuat mengukur hubungan sebab akibat. Dalam penelitian ini kondisi yang ada di manipulasi oleh peneliti sesuai kebutuhan peneliti, dalam kondisi yang telah di manipulasi ini, dibuat kelompok control dan kelompok pembanding, hasil dari dua kelompok tersebut yang akan diperbandingkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan motivasi belajar taruna LLU angkatan XI A Politeknik penerbangan Surabaya Mengetahui perbedaan hasil belajar taruna LLU angkatan XI B. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah (1) Apakah motivasi dan disiplin belajar berpengaruh secara parsial terhadap hasil belajar taruna D3 LLU XI Politeknik Penerbangan Surabaya?, (2) Apakah pembelajaran praktikum berpengaruh terhadap motivasi dan capaian hasil belajar taruna D3 LLU XI A dan D3 XI B Politeknik Penerbangan Surabaya?, (3) Apakah terdapat hubungan kausal antara metode pengajaran praktikum dan ceramah terhadap motivasi dan capaian hasil belajar taruna D3 LLU XI A dan XI B?. Tujuan Penelian ini adalah (1) Untuk mengetahui dan menguji apakah motivasi dan disiplin belajar berpengaruh secara parsial terhadap hasil belajar taruna D3 LLU XI, (2) Untuk mengetahui dan menguji apakah pembelajaran praktikum berpengaruh terhadap motivasi dan capaian hasil belajar taruna D3 LLU XI A dan D3 XI B, (3) Untuk mengetahui menguji hubungan kausal antara metode pengajaran praktikum dan ceramah terhadap motivasi dan capaian hasil belajar taruna D3 LLU XI A dan XI B. Metode yang digunakan dengan menggunakan adalah deskriptif kuantitatif menggunakan teknik eksperimen analisis data uji T (beda) karena dalam penelitian ini perlu diketahui apakah ada perbedaan sikap antara kelompok eksperimen dan kelompok control, data yang berhasil dikumpulkan kemudian dianalisis dengan menggunakan metode independen sample t-Test yaitu uji yang digunakan untuk menentukan apakah 2 sampel yang tidak berhubungan memiliki rata – rata yang berbeda. Sampel yang digunakan adalah taruna LLU XI Alfa dan LLU XI Bravo.Hasil yang diperoleh adalah terdapat pengaruh metode pembelajaran praktikum pad akelas eksperimen terhadap penilaian motivasi belajar dan capaian hasil belajar taruna LLU XI A. Hasil penilaian LLU XI A lebih tinggi dari pada LLU XI B yang berada pad akelas control. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Taruna LLU XI A kelas eksperimen mendapatkan nilai rata-rata lebih tinggi dari pada kelas kontrol LLU XI B pada penilaian motivasi belajar yaitu 86 berbanding 81, (2) Taruna LLU XI A kelas eksperimen mendapatkan nilai rata-rata lebih tinggi dari pada kelas kontrol LLU XI B pada ujian akhir yaitu 87,6 sedangkan kelas kontrol nilai rata-rata 69,5. (3) Metode pembelajaran praktikum pada mata kuliah kewarganegaraan memiliki pengaruh terhadap meningkatnya capaian nilai dan prestasi, terbukti dengan ditunjukan capaian nilai akhir kelas eksperimen LLU XI A memiliki nilai rata-rata jauh lebih tinggi dari pada kelas kontrol LLU XI B.
Keywords
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.