Main Article Content
Abstract
Terdapatnya keterbatasan kemampuan dan pemahaman dari penulis dan empat rekan penulis selama melaksanakan On the Job Training di unit ATS Message Handling System Jakarta Air Traffic Service Center, sehingga membatasi kinerja Taruna OJT selama melaksanakan dinas, membuat penulis menyadari dan meyakini bahwa sebelum pelaksanaan On the Job Training perlu dan penting adanya sebuah tahap familiarisasi dan pembekalan materi (Class Room ) mengenai SOP, LOCA, Fasilitas dan aturan - aturan yang ada di kegiatan operasional sehari – hari. Metode analisa data yang digunakan penulis adalah metode deskriptif kualitatif yang mana penjelasan dari metode ini adalah menekankan pada deskripsi secara alami dan apa adanya, maka dengan sifatnya ini dituntut keterlibatan secara langsung di lapangan dalam melakukan pengamatan serta bantuan dari kuesioner yang dibagikan penulis ke beberapa responden. Hasil penelitian yang dilakukan penulis mengatakan 90 persen responden sangat setuju bahwa perlu adanya Manual Prosedur yang terstandarisasi dan bersifat tetap yang mengatur pelaksanaan Class Room On the Job Training Komunikasi Penerbangan, dalam rangka meningkatkan pemahaman Taruna OJT serta menjadi salah satu metode pengoptimalan pemberian pelayanan Komunikasi penerbagan.
Keywords
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.