Main Article Content
Abstract
Motor Brushless DC (BLDC) adalah motor turunan dari motor DC konvensional yang dinilai memiliki torsi yang besar serta range kecepatan yang tinggi, perbedaannya yaitu pada motor BLDC sudah tidak lagi menggunakan sikat seperti motor DC konvensional sehingga tidak lagi terjadi rugi tegangan pada sikat serta perawatannya yang mudah. Tugas akhir ini bertujuan untuk menujang dan mengoptimalkan sistem pembelajaran di Politeknik Penerbangan Surabaya khususnya program studi Teknik Listrik Bandar Udara pada mata kuliah Sistem Penggerak Utama dan memperkenalkan kepada Taruna sebuah sistem kontrol otomatis yaitu PID (Proportional Integral Derivatif). Dalam tugas akhir ini motor BLDC A2212 1000kV nantinya akan di padukan dengan metode PID dan akan di kontrol oleh Arduino Uno, dengan adanya keypad yang digunakan untuk menginput nilai Kp, Ki dan Kd dan LCD yang digunakan sebagai media monitoring, serta Sensor Kecepatan IR LM393 yang digunakan sebagai pembaca kecepatan motor .Alat ini di desain agar penggunanya mudah untuk mengamati nilai konstanta yang diberikan terhadap kecepatan serta kestabilan motor. Pengujian dilakukan dengan cara memberikan nilai konstanta PID yang bervariasi, dari beberapa nilai yang diberikan motor bekerja paling baik pada nilai konstanta Kp= 10,6 Ki= 20,9 dan Kd= 5,9 ini dibuktikan dengan grafik respon yang yang di hasilkan . Dari hasil pegujian dapat disimpulkan bahwa dengan metode PID yang diterapkan pada sistem untuk mengatur kecepatan motor, dapat mempengaruhi pada waktu motor dalam mencapai set point yang telah di tentukan, namun ini juga di pengaruhi dengan nilai konstanta PID yang di berikan, ketika nilai PID yang di masukan tidak sesuai maka akan berpengaruh terhadap rise time motor, terjadinya overshoot, dan error.
Keywords
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.