ANALISIS DAMPAK TIDAK ADANYA REGULATED AGENT TERHADAP KELANCARAN OPERASIONAL DI TERMINAL KARGO DAN POS BANDAR UDARA INTERNASIONAL AHMAD YANI SEMARANG

Authors

  • Distya Ratih Permatasari POLITEKNIK PENERBANGAN SURABAYA
  • Denny Noval Riza POLITEKNIK PENERBANGAN SURABAYA
  • Moh Radix Agustiono POLITEKNIK PENERBANGAN SURABAYA

Keywords:

Ahmad Yani, kargo, pos, operasional, Regulated Agent

Abstract

Bandar Udara Internasional Ahmad Yani adalah salah satu bandar udara yang dikelola oleh PT. Angkasa Pura 1 (Persero) juga merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) khusus bergerak dalam bidang jasa transportasi udara. Bandara ini selain melayani operasional penumpang juga melayani operasional kargo dan pos. Tujuan penulisan Penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi operasional terminal kargo dan pos di Bandar Udara Internasional Ahmad Yani Semarang dengan tidak diberlakukannya Regulated Agent.

Deskriptif kualitatif merupakan metode penelitian yang digunakan untuk menafsirkan data yang diperoleh yaitu data yang ada menggambarkan operasional terminal kargo dan pos tanpa adanya regulated agent melalui pengumpulan data yang diperoleh melalui observasi, kuesioner dan dokumentasi serta disusun kedalam teks yang diperluas. Hasil dari penelitian tersebut diketahui bahwa aktivitas operasional terminal kargo  dan pos di Bandar Udara Internasional Ahmad Yani Semarang baru semakin meningkat dalam jumlah yang cukup banyak, tapi dalam pelaksanaannya belum terealisasinya Regulated Agent dalam operasional terminal kargo dan pos di Bandar Udara  Internasional Ahmad Yani Semarang. Penulis melakukan analisis mengenai hal tersebut yang mana dari hasil penelitian yang penulis lakukan diperlukan tindakan yang tepat untuk mendukung operasional pihak yang terkait.

Downloads

Published

2019-11-28