Main Article Content
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil observasi penulis terhadap hasil belajar taruna Lalu Lintas Udara Angkatan XI A dan B di mana 20-26 % taruna mengalami recheck atau remedi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh upaya untuk meningkatkan hasil belajar taruna melalui analisis faktor internal dan faktor eksternal yang menyebabkan kesulitan belajar taruna dalam mengikuti mata kuliah exercise Aerodrome Control Procedure (ACP). Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober 2018 hingga Juli 2019 yang bertempat di Politeknik Penerbangan Surabaya. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 47 taruna dari Diploma III Lalu Lintas Udara Angkatan XI A dan B. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini 30 taruna yang mewakili seluruh populasi. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan skala guttman. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif dengan prosentase. Hasil penelitian menunjukkan penyebab kesulitan belajar yang berasal dari indikator sikap terhadap belajar sebesar 57,22%, indikator kesehatan sebesar 28,54%, indikator motivasi sebesar 14,24%, sedangkan indikator minat tidak menyebabkan kesulitan belajar. Sedangkan jika ditinjau dari faktor eksternal yang berasal dari indikator masyarakat/ketarunaan sebesar 73,93%, indikator sekolah/perguruan tinggi sebesar 17,41%, dan untuk indikator keluarga sebesar 8,66%. Hasil Tingkat korelasi antara variabel X “Faktor-faktor penyebab kesulitan belajar” dan variabel Y “Upaya meningkatkan hasil belajar ACP” bisa dikatakan KUAT dan POSITIF. Selanjutnya, hasil analisis faktor penyebab kesulitan belajar BERPENGARUH terhadap upaya meningkatkan hasil belajar Exercise Aerodrome Control Procedure di Politeknik Penerbangan Surabaya.