Main Article Content

Abstract

Menggunakan sistem kontrol dan monitoring pada sistem pengisian bahan bakar genset di Bandar Udara Mutiara Sis Al-Jufri Palu memang sangat diperlukan. Saat ini di Bandar Udara Mutiara Sis Al-Jufri Palu untuk mengaktifkan peralatan khususnya pompa sebagai pemindah bahan bakar dari tangki bulanan ke tangki geset masih dilakukan secara manual sehingga belum efektif. Dengan sistem seperti itu dapat memungkinkan adanya suatu keterlambatan dalam pengisian bahan bakar. Pengontrolan pompa yang dilakukan secara otomatis, yaitu berdasarkan jumlah bahan bakar yang telah dikonsumsi genset melalui flow sensor. flow sensor akan mengirim data kepada Programmable Logic Controller (PLC) untuk menyalakan pompa. Pada saat tangki penuh maka sensor ultrasonik yang akan mengirim data untuk memerintahkan pompa mati.


Dengan adanya kontrol pada sistem pengisian bahan bakar genset ini diharapkan akan ketepatan dalam pengisian bahan bakar. Selain itu juga dapat mempermudah kerja teknisi untuk mengetahui bahan bakar yang telah digunakan genset dan yang akan diisikan ke tangki genset dari tangki bulanan.

Keywords

pompa flow sensor genset sensor ultrasonik Programmable Logic Controller (PLC)

Article Details

How to Cite
Putra, B. A., Hartono, H., & Hartono, H. (2018). RANCANG BANGUN KONTROL DAN MONITORING SISTEM PENGISIAN BAHAN BAKAR PADA GENSET DI BANDAR UDARA MUTIARA SIS AL-JUFRI PALU. Prosiding SNITP (Seminar Nasional Inovasi Teknologi Penerbangan), 2(1). https://doi.org/10.46491/snitp.v2i1.224