Main Article Content

Abstract

Building Automation System (BAS) sangat diperlukan di dalam sistem kemanan dan kenyamanan penghuni suatu gedung. Hingga saat ini masih banyak fasilitas-fasilitas umum seperti gedung perkantoran atau transportasi belum memiliki sistem tersebut. Sistem yang tergolong masih menggunakan sistem manual menyebabkan adanya keterlambatan dalam proses pengoperasiannya dan adanya pemborosan energi listrik.


Sistem kontrol dan monitoring ini menggabungkan prinsip kerja antara perangkat lunak dengan perangkat keras yang difokuskan pada pemantauan nilai tegangan dan arus pada beban pompa, pendingin, dan penerangan, sehingga mempermudah perawatan.


Dengan sistem kontrol otomatis dan monitoring secara terpusat diharapkan tercapainya penghematan energi yang di inginkan dapat menampilkan data realtime sehingga menghasilkan informasi bagi pengguna interface yang bisa diakses di android.

Keywords

Sistem Kontrol Otomatisasi Monitoring terpusat

Article Details

How to Cite
Dita, D. R. (2018). Rancang Bangun Prototip Kontrol Building Automation System (BAS) Secara Nirkabel Berbasis PLC. Prosiding SNITP (Seminar Nasional Inovasi Teknologi Penerbangan), 2(1). https://doi.org/10.46491/snitp.v2i1.218