Main Article Content

Abstract

Rancangan ini bertujuan untuk mempermudah teknisi dalam melakukan kontrol dan monitoring lampu approach di bandara kalimarau berau, karena letak yang jauh dan medan yang berlumpur sehingga menyulitkan teknisi untuk mengetahui letak kerusakan pada lampu approach.


Penelitian ini menggunakan microcontroller sebagai media kontrol dan fiber optic sebagai media komunikasi yang dilengkapi dengan data logger, untuk menditeksi arus menggunakan sensor ACS 712 dan LDR (Light Dependent Resistor) sebagai pengatur cahaya, sedangkan untuk tampilan hasil monitoring menggunakan visual basic yang akan ditampilkan di personal computer. Sedangkan untuk komunikasi antara personal computer dan microcontroller menggunakan kabel UTP atau ethernet dengan dukungan ethernet media converter to serial.


Hasil penelitian menunjukan untuk monitoring arus, nyala dan mati pada lampu approach dengan menggunakan personal computer sehingga dengan metode ini kinerja teknisi menjadi lebih efisien.

Keywords

Lampu Approach Microcontroller Fiber Optic ACS 712 LDR (Light Dependent Resistor) Visual Basic Data Logger

Article Details

How to Cite
Jiwantoro, S. P., Suryono, W., & Suwito, S. (2018). RANCANG BANGUN KONTROL DAN MONITORING PADA APPROACH LIGHT DENGAN MEDIA FIBER OPTIC DAN DATA LOGER BERBASIS MIKROKONTROLER DI BANDAR UDARA KELAS II KALIMARAU BERAU. Prosiding SNITP (Seminar Nasional Inovasi Teknologi Penerbangan), 2(1). https://doi.org/10.46491/snitp.v2i1.216