Main Article Content

Abstract

Shoulder runway Bandar Udara Juwata tidak berupa lapisan perkerasan sehingga memungkinkan benda asing atau Foreign Object Debris (FOD) seperti rumput, kerikil, maupun hewan yang berada pada runway strip dapat menyebabkan hazard bagi pesawat udara yang menggunakan turbin. Perencanaan dimulai dengan mengolah data - data antara lain lalu lintas angkutan udara, data CBR tanah dan AIP bandara Juwata Tarakan. Kemudian dilakukan perhitungan tebal perkerasan berdasarkan pesawat terbesar yang beroperasi dengan menggunakan perhitungan grafik manual dari FAA. Dilanjutkan dengan perhitungan menggunakan software FAARFIELD 2.0.7. Selanjutnya menentukan dimensi paved shoulder runway berdasarkan regulasi KP 326 Tahun 2019. Berdasarkan pembahasan didapatkan dimensi untuk paved shoulder runway pada Bandar Udara Internasional Juwata Tarakan sebesar 7,5 m pada tiap sisinya sehingga total lebar runway didapatkan sebesar 60 m. Dari hasil perhitungan menggunakan metode grafik didapatkan tebal total perkerasan 51,5 cm dengan PCN 66 F/C/X/T dan dari FAARFIELD ditemukan tebal total 54,5 cm dengan PCN 86 F/C/X/T. yang mana untuk keperluan publikasi data bandara diterbitkanlah nilai PCN berdasarkan hasil perhitungan melalui metode grafik dari FAA.

Keywords

Paved Shoulder Runway FAARFIELD FAA

Article Details

How to Cite
Muhammad Zahirul Alim, Nurani Hartatik, & Setyo Hariyadi Suranto Putro. (2023). PERANCANGAN PAVED SHOULDER PADA RUNWAY BANDAR UDARA INTERNASIONAL JUWATA TARAKAN. Prosiding SNITP (Seminar Nasional Inovasi Teknologi Penerbangan), 6(1). https://doi.org/10.46491/snitp.v6i1.1467