Main Article Content

Abstract

Rancangan desain Augmented Reality dengan pembahasan Glideslope ini merupakan dengan perancangan bentuk visual dariGlidepath itu sendiri, untuk membuat storyboard modul menggunakan software Canva. Lalu untuk fitur dari Augmented Reality itu dilakukan dengan pembuatan aplikasi scanner khusus yang dirancang hanya dapat melakukan scan pada modul yang telah dibuat sebelumnya, pembuatan aplikasi ini dengan scanner dengan menggunakan software Vuforia Engine, Unity, Android SDK, dan Microsoft Visual Studio. Dalam pembuatan Penelitian ini penulis menggunkaan Metodologi Pengembangan Multimedia atau yang disebut juga dengan Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Dalam pembuatan AR ini menggunakan media Android dengan fitur kamera untuk scanner kode QR yang telah di design, untuk dapat terbaca saat QR di pindai dan bisa menampilkan objek yang dibutuhkan. Augmented Reality ini berguna untuk membantu taruna mengenali peralatan navigasi secara 3D seperti peralatan aslinya supaya dapat lebih mengenal peralatan di lokasi OJT nantinya saat melakukan OJT. Hasil rancangan desain berupa bentuk peralatan dan mengerti fungsi dari setiap tombol yang ada di peralatanglideslope dengan menggunakan kamera android. Kita dapat merancang dan membuat benda atau apapun dan dijadikan dalam bentuk Augmented reality yang bisa menampilkan bentuk secara 3D dan bisa mengetahui banyak fungsi fitur-fitur yang ada pada setiap bagian peralatan Glideslope.

Keywords

Augmented Reality 3D Android

Article Details

How to Cite
Adella Hilda Firmansyah, Moch. Rifa’i, & Yuyun Suprapto. (2023). RANCANGAN AUGMENTED REALITY GLIDESLOPE BERBASIS ANDROID DENGAN UNITY DAN BLENDER MENGGUNAKAN METODE MDLC SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN. Prosiding SNITP (Seminar Nasional Inovasi Teknologi Penerbangan), 6(1). https://doi.org/10.46491/snitp.v6i1.1449