Main Article Content

Abstract

Bandar Udara Melalan merupakan bandara kelas III yang terletak di kecamatan Tongkok Kutai Barat, Kalimantan Timur. Bandara ini menjadi pintu gerbang perekonomian untuk beberapa kecamatan yang merupakan bagian dari Kutai Barat. Dikarenakan bandara Melalan berstatus sebagai bandara kelas III, banyak hal yang harus dikembangkan dan ditingkatkan dari bandara ini agar menjadi bandara yang prima baik dari segi sarana/prasarana, personil/pegawai, dan fasilitas yang menunjang kegiatan operasional bandara.


Penelitian yang dilakukan menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model Waterfall. Metode ini merupakan penelitian dan pengembangan yang mana bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan produk baru yang bersifat otentik dengan langkah atau peoses yang berulang-ulang. Model Waterfall memiliki lima tahapan yaitu requirements analysis and definition, system and software design, implementation and unit testing, integration and system testing, dan operating and maintenance.


Hasil dari penelitian yang telah dilakukan yaitu dirancangnya sebuah website jasa pengiriman kargo yang bertujuan membantu masyarakat yang kesulitan dalam memenuhi kebutuhan dikarenakan tinggal di wilayah terpencil Kalimantan timur, meningkatkan nilai perekonomian, meningkatkan pelayanan logistik, serta menjadikan Bandar Udara Melalan menjadi bandara yang prima.

Keywords

Kargo Pelayanan Logistik Website Metode Waterfall Daerah Terpencil

Article Details

How to Cite
Risna Handayani, Ariyono Setiawan, & Sudrajat. (2023). DESAIN WEBSITE PENDUKUNG DALAM MENINGKATKAN LOGISTIK DI KALIMANTAN TIMUR MELALUI PENERBANGAN PERINTIS PADA BANDAR UDARA MELALAN KUTAI BARAT. Prosiding SNITP (Seminar Nasional Inovasi Teknologi Penerbangan), 6(1). https://doi.org/10.46491/snitp.v6i1.1445