Main Article Content

Abstract

zPada zpesawat terbang flight control sangatlah penting untuk penerbangan diberbagai belahan dunia. zPada pesawat modern zflight zcontrol menggunakan system zfly by zwire dikarenakan zpada sistem ini zmempermudah zpilot untuk mengendalikan pesawatz terbang. Padaz sistem ini zpenerbang tidak langsung menggerakkan sirip-sirip kendali dengan kemudi yang ada di kokpit, ztapi hanya memberiz sinyal ke komputer lalu komputer mengolahnya dan meneruskan sinyal perintah yang diperlukan ke zservo hidrolik yang zmenggerakkan kendali pesawat.


Penelitian ini menggunakan menggunakanz beberapa metode zyaitu pengumpulanz data, zidentifikasi masalah. zAlat peraga ini menggunakan material kayu, akrilik, kawat. zTeknik pembutanz alat untuk teknik cutting menggunakan hacksawz dan teknik penyambungan zmenggunakan lem.


zHasil yang didapat zpenulis pada zrancangan alat zperaga pengendalian terbang pada sistem zFly By Wire adalahz untuk menunjang tarunaz dalam kegiatan belajar agar taruna dapat lebih mengerti dan paham mengenai pergerakan flight control padaz pesawat. Serta mempermudah memahami cara zkerja zflight control pada sistem Fly By Wire.

Keywords

flight control fly by wire servo hidrolik

Article Details

How to Cite
Ilham Hana Habiballah, Suyatmo, & Dewi Ratna Sari. (2023). RANCANGANnz ALAT zPERAGA PENGENDALIANz nTERBANG PADAz SISTEM zFLY BY WIREz SEBAGAI zPENUNJANG PEMBELAJARANz PRAKTIKUM DI znPOLITEKNIKn PENERBANGAN SURABAYA. Prosiding SNITP (Seminar Nasional Inovasi Teknologi Penerbangan), 6(1). https://doi.org/10.46491/snitp.v6i1.1326